kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Apakah laju bursa Asia bisa redam tekanan ke IHSG?


Jumat, 05 April 2013 / 08:33 WIB
Apakah laju bursa Asia bisa redam tekanan ke IHSG?
ILUSTRASI. Ketua Satgas Waspada Investasi, Tongam Lumbaa Tobing di Kantor OJK, .Foto/KONTAN/Dupla Kartini.


Reporter: Rika Theo |

JAKARTA. Setelah kemarin ditutup negatif dan menjauhi level 5.000, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menantikan sentimen positif bursa global untuk mencegah pelemahannya berlanjut. Pasalnya, tekanan jual pada IHSG masih membayangi.

Reza Priyambada, analis Trust Securities mengungkapkan, bahwa secara riil, kenaikan IHSG pada perdagangan hari ini akan memungkinkan bila memang didukung oleh sentimen positif bursa global. "Namun, sedikit saja ada sentimen negatif maka akan dimanfaatkan untuk profit taking mengingat posisinya yang selalu overbought," kata Reza kepada KONTAN pada Jumat (5/4).

Sebab secara teknikal, IHSG cenderung tertekan. Kini IHSG berpola menyerupai black marubozu di bawah upper bollinger bands (UBB). MACD stagnan dengan histogram positif yang mendatar. RSI, William's %R, dan Stochastic mulai downreversal.

"Laju pelemahan ini bisa saja berlanjut namun, jika kondisi bursa saham global bergerak rebound maka IHSG pun akan tertahan pelemahannya," imbuh Reza.

Ia memperkirakan perdagangan IHSG akan berada pada support 4.905-4.912 dan resistance di level 4.936-4.950. Untuk saham yang dapat dipertimbangkan, Reza merekomendasikan saham KLBF, UNVR, BKSL dan juga BBKP.

Sementara analis Reliance Securities Christine Natasya memperkirakan IHSG akan sedikit mendapat dorongan positif mengikuti pergerakan bursa regional Asia yang menanjak. Pagi ini, bursa Jepang melonjak ke level tertinggi dalam lima tahun setelah ada pengumuman kebijakan Quantitative Easing lanjutan dari bank sentral Jepang.

Namun begitu, ia mengingatkan bahwa penurunan IHSG masih sangat mungkin terjadi. "Terutama karena reli yang berlangsung hampir dua minggu terakhir. Saat ini IHSG memasuki gelombang koreksi A setelah target wave 5 tercapai, dengan target penurunan di level 4.828," tuturnya. Level ini secara bersamaan merupakan batas toleransi maksimal tren bullish.

Ia memperkirakan IHSG hari ini bergerak di sekitar 4.873-4.973. Rekomendasi darinya adalah jual JSMR, ACES, dan ECBP, dan beli ASRI.

Hal senada juga diungkapkan oleh David Nathanael Sutyanto, analis dari First Asia Capital. Menurutnya, IHSG akan bergerak bervariasi dengan kecenderungan masih terjadi pelemahan. 

"IHSG diperkirakan bergerak dengan rentang support 4.855-4.890 dan resistance di level 4.985-4.950," jelas David. Ia merekomendasikan saham BBKP, KIJA, BCAP, ENRG, BRAU, BRMS, PTBA, ITMG dan juga BKSL.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×