kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Anjlok 19,44% sejak awal tahun, performa IHSG terburuk ketiga di Asia Pasifik


Rabu, 05 Agustus 2020 / 04:30 WIB
Anjlok 19,44% sejak awal tahun, performa IHSG terburuk ketiga di Asia Pasifik


Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Performa Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) masih belum bersinar. Meski pada penutupan perdagangan Selasa (4/8/2020), IHSG menguat 1,37% ke level 5.075, namun jika dihitung sejak awal tahun atau secara year-to-date, IHSG masih terkoreksi 19,44%.

Performa negatif tersebut membuat IHSG menjadi indeks dengan pertumbuhan paling buruk ketiga se-Asia Pasifik. Siapa dua indeks terburuk lainnya?

Di urutan pertama, ada The Philippine Stock Exchange Index (PSEi) dengan pelemahan 26,10% sejak awal tahun. Baru kemudian terdapat Strait Times Index (STI) milik Singapura dengan pelemahan 22,07%.

Hal ini berbanding terbalik dengan sejumlah indeks regional Asia lainnya yang masih mencatatkan kinerja positif sejak awal tahun. Indeks KOSPI milik Korea Selatan tumbuh 3,74% sementara Indeks TAIEX milik Taiwan tumbuh 5,94% sejak awal tahun.

Baca Juga: Bakal jadi jawara 2020, begini tips memilih reksadana pendapatan tetap

Setidaknya, ada dua sentimen besar yang mempengaruhi kinerja IHSG. Pertama, semakin meningkatnya kasus baru harian Covid-19. Menurut Aria Santoso, Presiden Direktur CSA Institute, meningkatnya kasus harian tersebut masih membawa pesimisme ke pasar saham tanah air.

Kedua, proyeksi pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) yang akan diumumkan hari ini diperkirakan bakal kurang menggembirakan bagi para investor. “Setelah lepas dari masa laporan keuangan di akhir Agustus kemungkinan akan lebih jelas terlihat sektor dan emiten mana saja yang masih cukup kuat bertahan serta proyeksi pemulihan di kuartal ketiga dan kuartal keempat untuk memudahkan re-balancing portofolio,” ujar Aria saat dihubungi Kontan.co.id, Selasa (4/8).

Baca Juga: Wall Street bergerak tipis menunggu kelanjutan pembicaraan stimulus

Aria menilai, ke depan, pergerakan bursa Asia termasuk IHSG akan ditentukan oleh perkembangan penanganan pandemi Covid-19 dan adanya faktor ketegangan geopolitik. Pemulihan berbagai bidang bisnis juga akan sangat mempengaruhi secara fundamental sebagai tulang punggung dari pergerakan harga saham di IHSG.

“Stimulus negara besar juga tentu menjadi sentimen yang mempengaruhi secara intermarket global,” pungkas dia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×