kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Analis Rekomendasikan Saham 4 Bank Besar Sudah Bisa Mulai Dicicil Beli


Senin, 17 Oktober 2022 / 08:05 WIB
Analis Rekomendasikan Saham 4 Bank Besar Sudah Bisa Mulai Dicicil Beli


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Saham-saham perbankan masih terus mengalami koreksi di tengah tren bearish Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). Namun, beberapa analis merekomendasikan untuk memanfaatkan kondisi ini untuyk mulai melakukan cicil beli saham bank-bank besar.

Pasalnya, prospek fundamental bank-bank besar diperkirakan akan semakin baik. Bahkan, perolehan laba bersih sepanjang tahun 2022 ini diperkirakan akan mencatatkan capaian tertinggi sepanjang masa atau all time high.

Hanya saja, pembelian disarankan dilakukan secara mencicil dengan jumlah kecil dulu karena masih ada potensi penurunan saham lebih lanjut seiring suku bunga The Fed yang masih akan kembali naik.

Baca Juga: Tren IHSG Sedang Bearish, Bisa Berlanjut ke Level 6.500?

Suria Darma Direktur Samuel Sekuritas memperkirakan laba bersih empat bank besar kemungkinan akan tertinggi sepanjang masa tahun ini walaupun sudah terjadi kenaikan suku bunga.

"Tren kenaikan suku bunga mungkin lebih berpengaruh bagi bank yang lebih kecil, yang umumnya lebih bergantung pada deposito ketimbang CASA," kata pada Kontan.co.id, Jumat (14/10).

Walau prospek kinerjanya positif, propek saham keempat bank tersebut diperkirakan Suria tidak akan banyak bergerak dalam jangka waktu dekat. Ini lantaran selera invetor asing hanya pada saham bank besar.

Sementara ketidakpastian masih akan terus terjadi dalam beberapa bulan ke depan karena kenaikan bung The Fed diperkirakan akan tinggi pada November, Desember, bahkan hingga Februari 2023. Hal ini menurutnya membuat investor asing belum akan kembali masuk.

Namun, suria memperkirakan harga saham bank-bank tersebut akan tetap bagus dalam setahun ke depan. Saham-saham pilihannya terutama ada pada PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) dan PT Bank Mandiri Tbk (BMRI).

Founder & CEO Emtrade Ellen May merekomendasikan untuk mulai melakukan cicil beli saham-saham bank besar. Menurutnya prospeknya ke depan akan bagus terutam bank dengan likuditas besar. Apalagi laba bersih empat bank besar juga masih oke meski ekonomi tengah mengalami perlambatan.

Senada,  Associate Director of Research and Investment Pilarmas Investindo Sekuritas Maximilianus Nico Demus juga menyarankan untuk mulai melakukan cicil beli saham PT Bank Central Asia Tbk (BBCA), PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI), BMRI dan BBRI. Tetapi ia mengingatkan agar pembelian jangan dilakukan dalam jumlah yang banyak dulu karena masih potensi untuk terkoreksi lagi.

"Kalau melihat IHSG yang sudah menyentuh level Rp 6.800, ini sudah saatnya melakukan cicil beli tetapi tidak dalam jumlah yang banyak, perlahan-lahan dulu," ujarnya.

Baca Juga: Rupiah Diprediksi Melemah pada Senin (17/10), Ini Pemicunya




TERBARU

[X]
×