kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Analis: Meski harga PTHMETD dianggap tinggi namun aksi ini dianggap menarik


Selasa, 23 Oktober 2018 / 21:56 WIB
Analis: Meski harga PTHMETD dianggap tinggi namun aksi ini dianggap menarik
ILUSTRASI. Nelayan Melintasi Tangki Penyimpanan Medco Energy


Reporter: Auriga Agustina | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Medco Energi International Tbk (MEDC) akan melakukan penambahan modal tanpa hak memesan efek terlebih dahulu (PMTHMETD) alias private placement. Aksi korporasi ini akan digelar pada tanggal 15 November 2018.

Dengan mengacu pada harga rata-rata harga penutupan perdagangan saham dari tanggal 31 Agustus 2018 sampai tanggal 5 Oktober 2018, maka harga pelaksanaan rencana transaksi menjadi sekurang-kurangnya Rp 806 per saham.. 

Sebagai catatan, sebelumnya, harga pelaksanaan private placement MEDC sekurang-kurangnya Rp 868 per saham, harga tersebut mengacu pada harga rata-rata penutupan perdagangan priode 31 Agustus 2018 hingga 5 Oktober 2018.

Analis Senior CSA Research Institute Reza priyambada menilai, harga private placement MEDC yang lebih tinggi, disebabkan adanya penyesuaian kebutuhan pendanaan emiten. Dia mengatakan, kemungkinan aksi korporasi ini ditawarkan ke investor strategis untuk terlibat dalam operasional mereka.

Walaupun saat ini kondisi pasar cenderung kurang baik, namun menurut Reza hal tersebut tidak menjadi persoalan, karena aksi korporasi tergantung dari kebutuhan pendanaan, "kalau kondisi pasar kurang baik, tapi emiten sudah standby buyer tidak masalah," ujarnya.

Sementara itu analis Artha Sekuritas Juan harahap menilai, harga private placement MEDC termaksud tinggi karena diatas 10%. Namun, dia menilai bahwa aksi korporasi ini cukup menarik, lantaran dana yang didapat nantintya akan digunakan untuk memperkuat struktur permodalan yang akhirnya akan mendukung usaha perusahaan.

Juan mengatakan MEDC masih memiliki prospek yang bagus, karena emiten ini ditopang oleh harga komoditas minyak, gas dan juga batu bara yang cukup tinggi, sehingga akan menunjang kinerja emiten. 

Selain itu, minyak saat ini tengah mendapat sentimen positif dari global setelah Donald Trump mengecam pemerintah Arab Saudi atas kasus kematian reporter Jamal Khashoggi, "biasanya hal seperti akan menganggu hubungan antar negara yang akan berpengaruh pada supply minyak," ujarnya.

Juan Merekomendasikan buy on weaknes MEDC di area Rp 850. Sementara Reza merekomendasikan buy MEDC dengan target harga Rp 1.200 sampai akhir tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×