kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Analis: IHSG punya peluang lanjutkan penguatan pada pekan depan


Sabtu, 11 Mei 2019 / 15:11 WIB
Analis: IHSG punya peluang lanjutkan penguatan pada pekan depan


Reporter: Aloysius Brama | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berhasil ditutup menguat 0,17% ke level 6.209 pada perdagangan akhir pekan lalu setelah melewati periode pekan yang menantang. Lalu seperti apa peluang pergerakan IHSG di pekan depan?

Pada perdagangan Jumat (10/5), sebanyak 213 saham mengalami kenaikan. Sedangkan 183 saham lainnya menurun, dan 131 saham tidak bergerak. Meski begitu asing masih mencatatkan aksi jual cukup tinggi. Di pasar reguler, aksi jual asing mencapai sebesar Rp 859, 2 miliar. Sedangkan di semua pasar, aksi jual asing sebesar Rp 897, 5 miliar.

Analis Reliance Sekuritas Lanjar Nafi mengatakan pada hari ini pergerakan IHSG terkerek oleh kekhawatiran investor yang cenderung menurun. “Utamanya terkait dengan perang dagang Amerika Serikat dengan China,” kata Lanjar kepada Kontan.co.id pada akhir pekan lalu.

Lanjar mengatakan, optimisme investor terdorong oleh langkah utusan Presiden Xi Jinping dalam kesepakatan perdagangan di Washington. Meski dikabarkan mundur dari semua kesepakatan, pada akhirnya China dan AS masih akan melanjutkan perundingan pada Jumat pagi waktu Washington.

Hal ini tentu menjadi perkembangan yang baik. Bila menilik pada perdagangan sebelumnya, pada hari Kamis Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengatakan AS akan melanjutkan persiapan pengenaan tarif impor baru terhadap barang-barang dari China.

Trump disebut siap melakukan pengenaan tarif 25% terhadap USD 325 miliar lebih barang-barang dari China. Sentimen itu juga mengerek indeks perdagangan di China. Indeks Hang Seng misalnya naik sebesar 0.84%. Sedangkan indeks Shanghai naik 3,63%.

Sedangkan secara teknikal, analis Bina Artha Sekuritas Nafan Aji mengatakan pergerakan IHSG sudah menunjukkan indikator oversold. “Juga dapat disimak ada pola bullish bar yang mengindikasikan potensi penguatan lanjutan pada pergerakan IHSG pekan depan,” kata Nafan kepada Kontan.co.id, Jumat (10/5).

Nah untuk pada pekan depan, Baik Lanjar maupun Nafan meramal IHSG berpotensi melanjutkan penguatan pada perdagangan pekan depan. Lanjar misalnya memproyeksikan IHSG akan bergerak pada level 6200-6260. Sedangkan Nafan Aji memperkirakan pada perdagangan pekan depan, IHSG akan bergerak di rentang 6.113-6.280.

Sedangkan untuk rekomendasi saham, Lanjar merekomendasikan para investor untuk mencermati saham SMGR, UNVR, BBRI, BBNI, BDMN, TOWR, JSMR, ASII, ITMG, INDY, MEDC, WSKT, dan LPKR.

Sedangkan Nafan merekomendasikan para investor untuk mencermati saham ADHI, ADRO, BBTN, ELSA, PGAS, dan TLKM.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×