kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Analis: IHSG berpeluang menguat terbatas pada Jumat


Rabu, 06 Maret 2019 / 17:20 WIB
Analis: IHSG berpeluang menguat terbatas pada Jumat


Reporter: Aldo Fernando | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sempat di zona merah pada pagi tadi, indeks harga saham gabungan (IHSG) mengalami rebound hari ini. IHSG ditutup menguat sebesar 16,68 poin atau 0,26% ke level 6.457,96 pada penutupan Rabu (6/3). Pada Jumat (8/3), analis memperkirakan IHSG masih berpeluang menguat.

Analis Indo Premier Sekuritas Mino mengatakan, rebound yang dialami beberapa sektor, terutama perbankan, menopang penguatan IHSG hari ini. "Terutama perbankan, setelah Bank Mandiri mengkonfirmasi bahwa pihaknya belum ada keputusan untuk mengakuisisi Bank Permata," ujar Mino kepada Kontan.co.id, Rabu (6/3).

Selain itu, Mino menambahkan, menguatnya harga nikel dan relatif stabilnya nilai tukar rupiah juga turut memberikan sentimen positif kepada pasar.

Analis Phintraco Sekuritas Valdy Kurniawan menjelaskan, sentimen eksternal cukup mendominasi pasar hari ini, terutama kabar stimulus ekonomi dari pemerintah China, yakni soal pengeluaran di bidang infrastruktur dan pemotongan pajak.

"Sebelumnya, pemerintah AS dan China juga dijadwalkan melakukan pertemuan di Mar-A-Lago pada akhir Maret. Diharapkan pertemuan ini menghasilkan kesepakatan dagang untuk mencegah meningkatnya tensi perang dagang di antara kedua negara," jelas Valdy kepada Kontan.co.id, Rabu (6/3).

Sementara sentimen dari dalam negeri berkaitan dengan perilisan Indeks Keyakinan Konsumen Februari 2019 dan penjualan eceran Januari 2019. "Diperkirakan meningkat sehingga mendorong ekspektasi percepatan pertumbuhan ekonomi di kuartal I-2019," imbuh Valdy.

Sentimen eksternal dan domestik di atas, kata Valdy, masih akan memengaruhi pergerakan IHSG pada Jumat (8/3).

Sementara menurut Mino, sentimen yang akan mempengaruhi IHSG pada lusa, yaitu optimisme kesepakatan dagang akan segera terealisasi, harga komoditas dan laporan keuangan emiten serta pergerakan rupiah.

Untuk Jumat, Valdy memprediksi, dengan berbagai sentimen positif eksternal, IHSG berpeluang menguat terbatas. Valdy memprediksi IHSG bakal menguat di level psikologis 6.500 dengan support di 6.400 dan resistance 6.500.

Setali tiga uang, Mino meramalkan, Jumat (8/3), IHSG berpeluang menguat terbatas dengan support di level 6.425 dan resistance di level 6.490.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×