kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,55   2,12   0.24%
  • EMAS1.333.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Analis: Emiten CPO kurang pupuk


Senin, 16 Maret 2015 / 18:03 WIB
Analis: Emiten CPO kurang pupuk
ILUSTRASI. Manfaat kunyit untuk kesehatan.


Reporter: Annisa Aninditya Wibawa | Editor: Yudho Winarto

JAKARTA. Saham emiten perkebunan kelapa sawit mulai layu. Sejak awal tahun, saham sektor perkebunan cuma mampu menghijau 0,07%. Analis menilai bahwa belum ada katalis positif yang dapat menyuburkan kinerja para emiten perkebunan.

Analis Ciptadana Securitis Andre Varian menyebut bahwa hal ini disebabkan harga Crude Palm Oil (CPO) yang masih rendah di kisaran RM 2.200 per ton. Lalu harga minyak dunia pun masih rendah.

Permintaan CPO dari luar negeri pun mulai berkurang. Andre bilang, ekspor CPO ke Cina menurun di Januari dan Februari. Analis First Asia Capital David Sutyanto menambahkan, India pun memilih untuk mengurangi CPO dan mengimpor sunflower seed oil dari Ukraina.

"Tahun ini CPO tak lagi menjadi unggulan karena kondisinya tak terlalu bagus," ucap David, Senin, (16/3).

Meski begitu, ia masih berharap kondisi harga kelapa sawit dapat membaik di semester kedua ini seiring perbaikan panen. Ia memperkirakan, harga CPO akan berada di rentang RM 2.200 sampai RM 2.300. Kemudian Andre memprediksi harga CPO akan berada di kisaran RM 2.300.

Rencana pemerintah yang akan menggenjot penggunaan biodiesel pun tak bisa banyak diharapkan. Andre mengaku skeptis dengan wacana biodiesel ini. Tahun lalu pun, pemerintah tak bisa mencapai target. Jika pun berjalan di tahun ini, ia memperkirakan CPO yang terserap untuk biodiesel hanya sekitar 5% sampai 7% dari total produksi.

Serupa, David pun memandang kebijakan biodiesel hanya merupakan wacana hingga saat ini. Pasalnya, fasilitas dan kapasitas penerapan biodiesel tersebut masih belum jelas.

Kemudian, ada pula rencana penurunan batas referensi harga CPO yang dikenai bea keluar. David merasa pemerintah memang tengah menggenjot raihan pajak. Dus, Andre melihat posisi harga CPO yang tengah lemah ini membuat emiten mendapatkan bea keluar 0%.

Di luar itu semua, David menilai bahwa menguatnya Dollar bisa menyiram laba selisih kurs bagi emiten perkebunan. Meskipun tak signifikan, ia yakin emiten CPO masih bisa meraih untung. David memperkirakan, laba emiten perkebunan tak akan tumbuh lebih dari 20% tahun ini.

Andre memproyeksikan produksi nukleus hanya akan tumbuh satu digit tahun ini. Sehingga, semua emiten kelapa sawit akan mengandalkan pembelian Tandan Buah Segar (TBS) eksternal. Nah, pembelian TBS eksternal ini bisa membuat margin mengecil. Namun ia merasa tak ada yang perlu dikhawatirkan karena volume produksi CPO pun tetap bertambah.

Andre merekomendasikan hold untuk semua saham emiten perkebunan. Target harga AALI yakni Rp 25.400, LSIP di Rp 2.030, dan SIMP Rp 775. Kemudian David menyarankan beli AALI, SGRO, dan LSIP.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Accounting Mischief Practical Business Acumen

[X]
×