kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Analis: Efek tax amnety tak signifikan bagi pasar


Selasa, 21 November 2017 / 21:40 WIB

Analis: Efek tax amnety tak signifikan bagi pasar

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Program pengampunan pajak atau tax amnesty jilid dua yang diteken Menteri Keuangan Sri Mulyani diperkirakan tidak berdampak signifikan bagi pasar.

Melalui revisi Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 118/2016 pengampunan pajak kembali dilakukan bagi yang tidak ikut amnesti pajak dan peserta yang belum melaporkan seluruh hartanya.


Analis Binaartha Parama Sekuritas menilai, tax amnesty merupakan sentimen sesaat untuk pergerakan market. Pengampunan pajak tidak memberikan pengaruh yang besar untuk IHSG.

“Pajak yang disetorkan ke negara, kan, belum terlihat signifikan. Pada akhirnya pelaku pasar akan melihat will-nya seperti apa,” papar Reza, Selasa.

Senada dengan Reza, Analis Phintraco Sekuritas Setiawan Efendi juga menilai hasil tax amnesty tidak akan seoptimal di jilid pertama. “Saya pikir juga paling hanya 5% dari WP yang akan lalukan pelaporan harta yang belum sempat dilaporkan,” ujarnya.

Meski demikian, akhir pekan lalu, market sempat di warnai sentimen pengampunan pajak kembali. Kepala Riset OSO Sekuritas Riska Afriani menilai, hal ini memberi katalis positif bagi market.

Menurutnya, masyarakat pasti akan lebih memilih untuk melaporkan asetnya. Dibanding harus menanggung pajak yang besar ketika tax amnesty berakhir. Jadi, hal ini merupakan kesempatan emas untuk dimanfaatkan masyarakat.


Reporter: Chindy Puri
Editor: Dupla Kartini

Video Pilihan


Close [X]
×