kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 -0,95%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Anak usaha Dian Swastatika (DSSA) Terbitkan Senior Notes Senilai US$ 90 Juta


Kamis, 10 Maret 2022 / 09:57 WIB
Anak usaha Dian Swastatika (DSSA) Terbitkan Senior Notes Senilai US$ 90 Juta
ILUSTRASI. Obligasi.


Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Anak usaha PT Dian Swastatika Sentosa Tbk (DSSA) yakni Golden Energy and Resources Limited (GEAR) menerbitkan secured senior notes (SSN) dengan jumlah pokok sebesar US$ 90 juta.

Surat utang yang diterbitkan pada Rabu (9/3) ini memiliki kupon bunga sebesar 8,5% per tahun, dan jatuh tempo pada Mei 2026. Senior notes ini dijamin antara lain dengan sebagian aset grup GEAR.

Susan Chandra, Sekretaris Perusahaan  PT Dian Swastatika Sentosa Tbk mengatakan, dana yang diperoleh dari hasil penerbitan SSN akan digunakan oleh GEAR, melalui Golden Investments (Australia) Pte. Ltd, untuk mengambil bagian dalam penawaran hak pro-rata saham biasa Stanmore Resources Limited, yang akan digunakan sebagai salah satu sumber pendanaan atas rencana transaksi pengambilalihan 100% saham Dampier Coal (Queensland) Pty Ltd.

“Rencana telah mendapatkan persetujuan para pemegang saham pada rapat umum pemegang saham (RUPSLB) pada tanggal 23 Februari 2022,” tulis Susan dalam keterbukaan informasi di laman Bursa Efek Indonesia, Kamis (10/3).

Baca Juga: Dirikan Anak Usaha Baru, Dian Swastatika (DSSA) Jajaki Bisnis Panas Bumi

Susan mengatakan, penerbitan SSN ini menyebabkan rasio hutang terhadap ekuitas DSSA meningkat sekitar 4,8%.

Untuk diketahui, DSSA melalui Stanmore SMC Holdings Pty Ltd, berencana melakukan pengambilalihan seluruh saham Dampier Coal (Queensland) Pty Ltd (selaku pemilik 80% saham BHP Mitsui Coal Pty Ltd), dengan harga pembelian sampai dengan US$ 1,35 miliar.

Stanmore SMC Holdings Pty Ltd merupakan entitas anak langsung Stanmore Resources Limited yang merupakan entitas anak tidak langsung DSAA. Keduanya merupakan perusahaan yang didirikan secara sah berdasarkan hukum Australia.

Salah satu sumber pendanaan untuk rencana pengambilalihan adalah melalui penerimaan fasilitas pembiayaan sebesar US$ 625 juta oleh Stanmore SMC Holdings Pty Ltd dari sindikasi lembaga pembiayaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×