kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Akuisisi Petrosea (PTRO), Gurita Bisnis Prajogo Pangestu Kian Tambun


Selasa, 06 Februari 2024 / 16:25 WIB
Akuisisi Petrosea (PTRO), Gurita Bisnis Prajogo Pangestu Kian Tambun
ILUSTRASI. Gedung kantor pusat Chandra Asri dan?Barito Pacific di Jakarta Barat. CUAN akan mencaplok saham emiten kontraktor tambang kenamaan tanah air, yakni Petrosea (PTRO).


Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Seakan tak ada puasnya, taipan kenamaan tanah air Prajogo Pangestu terus melebarkan gurita bisnisnya di pasar modal tanah air. Pada tahun lalu, Prajogo berhasil menghantar dua Perusahaan afiliasinya untuk melantai di Bursa Efek Indonesia, yakni PT Petrindo Jaya Kreasi Tbk (CUAN) dan PT Barito Renewables Energy Tbk (BREN).

Initial public offering (IPO) kedua saham ini terbilang cukup sukses. Ambil contoh, setelah resmi IPO, saham BREN terus mengalami kenaikan signifikan, hingga sempat menduduki tahta emiten dengan kapitalisasi pasar alias market capitalization (market caps) terbesar. Saham CUAN juga sukses menjadi market mover Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) tahun lalu.

Setelah melantai, kedua Perusahaan ini pun mulai menunjukkan tajinya, salah satunya dengan menggeber aksi akuisisi. Terbaru, CUAN akan mencaplok saham emiten kontraktor tambang kenamaan tanah air, yakni PT Petrosea Tbk (PTRO).

Baca Juga: Tarik Pinjaman, CUAN Siap Tuntaskan Akuisisi PTRO

Rencananya, CUAN akan membeli 342,92 juta saham PTRO. Jumlah ini mewakili kurang lebih 34% dari seluruh saham yang ditempatkan dan disetor penuh dalam PTRO. Nilai pembelian saham PTRO oleh CUAN mencapai Rp 940 miliar.

Setelah akuisisi, CUAN melalui anak usahanya, yakni PT Kreasi Jasa Persada akan menjadi pengendali baru PTRO. Langkah CUAN untuk menjadi pengendali baru PTRO juga tinggal selangkah lagi. CUAN hanya perlu memperoleh persetujuan rapat umum pemegang saham (RUPS) yang akan digelar bulan ini.

Apabila CUAN mendapat restu untuk mengakuisisi PTRO, otomatis portofolio bisnis Prajogo di Bursa juga akan bertambah. Nantinya, secara langsung maupun tidak langsung, Prajogo akan memiliki 5 emiten terafiliasi di BEI, yakni CUAN, PTRO, BREN, PT Barito Pacific Tbk (BRPT), dan PT Chandra Asri Pacific Tbk (TPIA).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×