Reporter: Benedicta Prima | Editor: Azis Husaini
KONTAN.CO.ID -JAKARTA. PT Aplikasi Karya Anak Bangsa (Gojek) resmi melakukan pembelian saham di PT Blue Bird Tbk (BIRD) dengan harga penjualan Rp 3.800 per saham. Transaksi ini dilaksanakan pada Kamis (13/2), di mana tercatat transaksi jual saham BIRD sebanyak 108,21 juta saham.
Dalam keterbukaan informasi Jumat (14/2) dijelaskan sesudah transaksi tersebut jumlah kepemilikan saham berkurang dari 35,84% menjadi 31,51%. Bila melihat porsi kepemilikan tersebut dapat dikatakan Gojek membeli 4,39% saham pengendali BIRD yaitu PT Pusaka Citra Djokosoetono.
Baca Juga: Bayar SPP pakai Gopay jadi kontroversi, Nadiem Makarim buka suara
Pembelian saham ini menjadikan PT Aplikasi Karya Anak Bangsa menjadi salah satu pemegang saham minoritas, di mana kepemilikan saham BIRD oleh PT Pusaka Citra Djokosoetono masih tercatat sebagai pemegang saham pengendali dengan kepemilikan saham sebesar 31,51%.
Melalui kerjasama ini, GoPay akan mengimplementasikan kode QRIS sebagai salah satu metode pembayaran di taksi Bluebird. Kehadiran GoPay juga akan terintegrasi ke dalam aplikasi MyBluebird.
“Bergabungnya PT Aplikasi Karya Anak Bangsa sebagai salah satu pemegang saham menunjukkan bahwa Bluebird sebagai penyedia transportasi merupakan partner yang strategis bagi PT Aplikasi Karya Anak Bangsa," kata Direktur Utama Blue Bird Noni Purnomo dalam keterangan resmi, Jumat (21/2).
"Kami juga yakin langkah ini akan semakin memperkuat kolaborasi antara kedua belah perusahaan, sekaligus mendukung usaha perusahaan untuk secara konsisten meningkatkan layanan Bluebird terhadap konsumen.” ujarnya.
Direktur Utama Blue Bird Group Holding Kresna Djokosoetono, menambahkan, pihaknya juga menaruh kepercayaan terhadap PT Aplikasi Karya Anak Bangsa, di mana hal tersebut juga terwujud melalui pembelian saham di PT Aplikasi Karya Anak Bangsa.
Baca Juga: Gojek gandeng BNPB bikin aplikasi informasi bencana
Sementara itu, Co-CEO Gojek Andre Soelistyo menuturkan Gojek merupakan salah satu layanan platform terbesar untuk konsumen di Asia Tenggara dan hal tersebut tidak dapat dicapai tanpa partner kuat yang memungkinkan kami untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.
“Peningkatan kerjasama dengan Bluebird merupakan bukti nyata untuk hal ini dan memungkinkan kami untuk meningkatkan dua layanan utama kami di Indonesia, yaitu pembayaran dan transportasi,” imbuh dia.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News