kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.308.000 -0,76%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Akan melantai di bursa hari ini, simak rencana penggunaan dana Boston Furniture


Selasa, 07 Juli 2020 / 08:59 WIB
Akan melantai di bursa hari ini, simak rencana penggunaan dana Boston Furniture
ILUSTRASI. Produk PT Boston Furniture Industries Tbk


Reporter: Kenia Intan | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Boston Furniture Industries Tbk akan mencatatkan saham perdana (listing) di Bursa Efek Indonesia (BEI) hari ini, Selasa (7/7). Emiten dengan kode ticker SOFA itu melepas 400 juta saham atau setara 24,24% dari modal ditempatkan dan disetor. 

Adapun saham yang dilepas itu ditawarkan dengan harga penwaran Rp 100 setiap saham. Dengan demikian, total dana yang diincar SOFA melalui intial public offering (IPO) ini hingga Rp 40 miliar. 

Mengutip dari prospektusnya, 19,44% dari dana yang dihimpun akan dimanfaatkan untuk belanja modal berupa penambahan infrastruktur dan fasilitas dalam rangka ekspansi di lini bisnis SOFA. Infrastruktur yang dimaksud adalah penambahan area produksi, kantor, dan berbagai fasilitas pendukung di lokasi pabrik saat ini. 

Sementara itu, sekitar 41,67% lainnya akan digunakan sebagai belanja modal terkait dengan pembelian mesin-mesin untuk kegiatan produksi. Mesin yang dimaksud adalah mesin potong kayu yang menggunakan teknologi laser-cutting, mesin tempel edging, mesin CNC bandsaw, dan mesin plywood molder. 

Baca Juga: IPO BEI: Tiga Emiten Baru Siap Masuk Bursa

Kemudian, 16,67% dari dana yang dihimpun akan dimanfaatkan untuk pembukaan showroom baru. Sekitar 13,89% lainnya untuk pembelian perangkat keras dan perangkat lunak yang diperlukan untuk pembangunan platform penjualan online. Sisanya, untuk  modal kerja dan pengembangan usaha. 

Asal tahu saja, SOFA merupakan perusahaan bergerak di bidang pengolahan mebel berbahan dasar kayu, besi tempa, dan produk kayu lainnya. Saat ini, produk mebel SOFA terdiri dari dua lini produk, yakni Blackwood American dan Blackwood Modern. 

Dalam melakukan IPO itu, SOFA menggandeng Danatama Makmur Sekuritas sebagai pelaksana emisi efek. Sedangkan penjamin emisi IPO perusahaan ini adalah Henan Putihrai, Mirae Asset Sekuritas, Surya Fajar Sekuritas, Reliance Sekuritas, Onix Sekuritas, Panin Sekuritas, NISP Sekuritas, dan KGI Sekuritas.

Sebagai pemanis, Boston Furniture juga menawarkan 400 juta waran seri I yang menyertai penawaran saham. Setiap satu saham baru berhak memperoleh satu waran yang memberikan hak kepada pemegangnya untuk membeli satu saham Boston Furniture. Dengan demikian, waran ini mewakili sebanyak 32% dari jumlah saham yang telah ditempatkan dan disetor penuh. Adapun harga pelaksanaan waran dipatok di Rp 100 per saham. 

Sekadar informasi, penjualan SOFA per Maret 2020 tercatat meningkat signifikan dibanding periode yang sama tahun 2019. SOFA mengantongi penjualan hingga Rp 9,19 miliar dari sebelumnya Rp 1,96 miliar. Adapun kenaikan itu didorong oleh meningkatnya penjualan karena pembukaan showroom. 

Kenaikan pendapatan SOFA yang signifikan itu mendongkrak bottom line-nya. Di kuartal I 2020, SOFA mengantongi laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk hingga Rp 863,92 juta. Padahal di kuartal yang sama tahun 2019, SOFA menanggung kerugian hingga Rp 794,89 juta. 

Baca Juga: Boston Furnitures akan listing dengan kode saham SOFA

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×