kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45906,29   2,96   0.33%
  • EMAS1.310.000 -0,23%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ada peluang koreksi di awal semester II-2019, Analis: Prospek harga platinum positif


Selasa, 02 Juli 2019 / 08:00 WIB
Ada peluang koreksi di awal semester II-2019, Analis: Prospek harga platinum positif


Reporter: Intan Nirmala Sari | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Di tengah tren kenaikan harga logam mulia, platinum hanya menunjukkan kenaikan harga paling tipis dibandingkan dengan emas dan paladium. Meskipun begitu, di semester II-2019 prospek harga platinum diyakini masih akan positif, mengingat  rata-rata logam mulia yang banyak diperdagangkan, menunjukkan penguatan dalam enam bulan pertama tahun ini, begitu juga platinum.

Berdasarkan data Bloomberg per Jumat (28/6), harga emas untuk kontrak pengiriman Agustus 2019 di Commodity Exchange dalam enam bulan terakhir menguat 8,73% di harga US$ 1.413,70 per ons troi. Sedangkan harga platinum untuk kontrak pengiriman Oktober 2019 juga mencatatkan penguatan 3,63% ke US$ 841,10 per ons troi.

Analis Maxco Futures Suluh Adil Wicaksono menilai, sentimen penggerak harga platinum tidak jauh berbeda dengan harga emas. Di mana isu perkembangan perang dagang, rencana kenaikan suku bunga The Federal Reserve (The Fed), serta kinerja manufaktur di negara-negara maju, turut berkontribusi sebagai penggerak harga.

"Fundamental platinum hampir sama dengan emas, hanya saja pergerakannya sedikit berbeda. Di mana, pergeseran harga platinum tidak sebanyak emas," jelas Suluh, Minggu (30/6).

Menurut Suluh, prospek harga platinum juga tidak jauh berbeda dengan pergerakan harga emas. Hanya saja, jika harga emas cenderung bergerak signifikan, harga platinum hanya bergeser tipis.

Ini terbukti, di mana sepanjang semester I-2019 harga platinum hanya mencatatkan penguatan 3,63%. Sehingga, meskipun platinum memiliki peluang koreksi di awal semester II-2019, namun cenderung tipis, dengan sentimen dari perkembangan The Fed dan perang dagang.

"Investor juga harus melihat pergerakan manufaktur dan industri di China. Selama datanya positif, bisa memicu kenaikan harga platinum," jelas Suluh.

Menurutnya, pergerakan harga platinum berpeluang untuk koreksi di awal semester II-2019, hanya saja tidak akan setajam penurunan harga komoditas logam safe haven lainnya seperti emas.

Jadi tenang saja, Suluh meyakini harga platinum tidak akan menyentuh level US$ 700 per ons troi. Mengingat kebutuhan platinum masih cukup tinggi.

Adapun proyeksi harga platinum hingga akhir tahun mencapai US$ 925 per ons troi, bahkan dia melihat ada peluang bagi platinum melaju ke harga US$ 1.000 per ons troi, dengan rekomendasi saat ini beli.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×