kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ada momentum puasa dan lebaran, begini arah IHSG di kuartal kedua 2021


Minggu, 28 Maret 2021 / 15:01 WIB
Ada momentum puasa dan lebaran, begini arah IHSG di kuartal kedua 2021
ILUSTRASI. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) telah menguat sebesar 3,62% secara year-to-date (ytd).


Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) telah menguat sebesar 3,62% secara year-to-date (ytd). Secara umum, pergerakan IHSG sepanjang tahun ini masih sesuai dengan ekspektasi analis.

Kepala Riset NH Korindo Sekuritas Indonesia Anggaraksa Arismunandar menilai, beberapa sentimen penting di kuartal pertama 2021 ini antara lain, pelantikan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden yang disusul pengesahan paket stimulus jumbo senilai US$ 1,9 trilIun. Sentimen global lain yang berdampak ke pasar saham adalah naiknya imbal hasil US Treasury 10 tahun.

Sementara dari dalam negeri, beberapa sentimen yang mewarnai pergerakan IHSG antara lain dimulainya program vaksinasi Covid-19 serta pemangkasan suku bunga Bank Indonesia (BI) 7-Day Reverse Repo Rate (BI 7DRRR) ke level 3,5% bulan Februari lalu.

Memasuki kuartal kedua 2021, momen bulan Ramadan serta Idul Fitri akan menjadi fokus pelaku pasar. Karena pada umumnya, perayaan ini diiringi dengan kenaikan tingkat konsumsi dan inflasi. “Kami memproyeksikan anomali di tahun 2020 dimana inflasi justru turun pada masa Ramadan, tidak akan terulang kembali tahun ini,” kata Anggaraksa kepada Kontan.co.id, Jumat (28/3).

Baca Juga: Simak rekomendasi saham sektor industri dasar dan kimia berikut ini

Hal ini mengingat periode Ramadan tahun lalu bertepatan dengan pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) secara penuh oleh pemerintah.

Adapun  penurunan volume transaksi bursa selama bulan puasa pada dasarnya dinilai cukup wajar. Meskipun hal ini umumnya menyebabkan IHSG cenderung ikut turun, Anggaraksa melihat fenomena ini hanya bersifat musiman.

Dari sisi global, rencana paket stimulus lanjutan di AS serta pergerakan harga komoditas masih akan menjadi faktor-faktor yang perlu dicermati karena akan turun menggerakkan pasar saham di kuartal kedua nanti. Anggaraksa mengatakan, investor masih bisa mencermati sektor-sektor yang justru mendapatkan berkah selama musim Ramadan-Idul Fitri, seperti sektor barang konsumsi dan sektor telekomunikasi.

Dus, memasuki kuartal kedua 2021, investor dapat mencermati saham-saham sektor konsumsi seperti PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) dengan target harga Rp 12.000 dan PT Kalbe Farma Tbk (KLBF) dengan target harga Rp 1.750. Sementara untuk sektor infrastruktur, pelaku pasar bisa mencermati saham seperti PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM) dengan target harga Rp 3.800 dan PT Jasa Marga Tbk (JSMR) dengan target harga Rp 5.100 per saham.

NH Korindo Sekuritas masih memasang target IHSG pada level 6.800 di 2021 .   

Baca Juga: Faktor eksternal berpotensi menekan rupiah jelang akhir kuartal pertama

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×