kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ada Empat Faktor Kunci Dalam Laporan Keuangan GOTO di Kuartal I 2024


Senin, 06 Mei 2024 / 08:52 WIB
Ada Empat Faktor Kunci Dalam Laporan Keuangan GOTO di Kuartal I 2024
ILUSTRASI. Penggunaan aplikasi Tokopedia dengan latar belakang logo aplikasi TikTok di Jakarta (31/1/2024). (Foto Dok. GOTO)


Reporter: Ahmad Febrian, Yuliana Hema | Editor: Ahmad Febrian

KONTAN.CO.ID - JAKARTA.  PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) terus menunjukkan pertumbuhan nkerja. Terutama pasca GOTO melepas unit bisnis e-commerce-nya, yakni PT Tokopedia kepada TikTok Pte. Ltd. Di kuartal I 2024, pertama kali GOTO merilis kinerja tanpa konsolidasi segmen e-commerce sebagai akibat dari transaksi investasi TikTok ke GOTO  yang resmi rampung pada akhir Februari lalu.

Head of Indonesia Research & Strategy JP Morgan, Henry Wibowo menilai segmen bisnis On Demand Services (ODS) akan menjadi pendorong pendapatan utama GOTO ke depan.  Dalam hitungannya, GOTO memiliki kas bersih sekitar US$ 1,3 miliar. Dana tersebut dapat dialokasikan sepenuhnya untuk mengembangkan business ODS dan financial technology (fintech). "Dengan potensi pembelian kembali saham sekitar US$ 200 juta untuk meningkatkan keuntungan pemegang saham," jelas dia dalam riset 24 April 2024. 

Equity Research Analyst Kiwoom Sekuritas Vicky Rosalinda memproyeksikan GOTO mampu mencatatkan pertumbuhan pendapatan. Meski begitu, GOTO masih harus menderita kerugian. 

Menurutnya, beberapa strategi  GOTO dapat memulihkan kinerjanya. Seperti dengan meningkatkan frekuensi pengguna eksisting dan memperluas jangkauan pasar. "Kemudian melakukan inovasi produk yang menjangkau konsumen dan memprioritaskan harga serta meningkatkan monetisasi dan memperkuat fundamental perusahaan," katanya, pekan lalu. 

Baca Juga: Kas Kuat Rp 23 T, GOTO Siap Buyback Saham

JP Morgan melihat, GOTO menyeimbangkan antara pemulihan pertumbuhan dan manajemen biaya pada kinerjalKuartal I-2024. Henry menyatakan, ada empat hal positif dalam kinerja GOTO di kuartal I-2024. Pertama, GOTO telah mengembalikan momentum pertumbuhan, tercermin pada pertumbuhan gross transaction value (GTV) sebesar 20% menjadi Rp 116,5 triliun. Pertumbuhan ini dengan optimalisasi biaya secara berkelanjutan.

Kedua, GOTO mencatatkan service fee e-commerce senilai Rp 110 miliar dari Tokopedia untuk kinerja Februari dan Maret. Service fee ini diyakini meningkat seiring dengan gross merchandise value (GMV) Tokopedia. 

Ketiga, GOTO memiliki katalis positif jangka pendek yakni integrasi GoPayLate ke Shop Tokopedia dalam beberapa bulan ke depan. Keempat, pinjaman GoTo Financial tumbuh pesat sebesar 43% secara kuartal menjadi Rp 2,7 triliun pada kuartal I-2024," tulis Riset tersebut.

Sebelumnya JP Morgan mengerek peringkat GOTO dari netral menjadi overweight. Waktu itu JP Morgan melihat adanya potensi kenaikan lebih lanjut dalam bisnis e-commerce GOTO. Dalam riset terbaru, JP Morgan tetap menyematkan overweight dengan target harga Rp 75 per saham sampai Desember 2024," tulis riset JP Morgan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×