kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Peluang kenaikan saham jelang bagi-bagi dividen


Selasa, 13 November 2018 / 18:55 WIB
Peluang kenaikan saham jelang bagi-bagi dividen
ILUSTRASI. Bursa Efek Indonesia


Reporter: Yoliawan H | Editor: Sanny Cicilia

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sejumlah emiten berencana untuk melakukan pembagian dividen interim menjelang akhir tahun ini. Adapun beberapa emiten yang berencana bagi-bagi cuan ini adalah PT Surya Toto Indonesia Tbk (TOTO), PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR), PT Fajar Surya Wisesa Tbk (FASW) dan PT Bank Mayapada Internasional Tbk (MAYA).

UNVR akan membagikan Rp 410 per saham dari total dividen yang akan dibagikan sebesar Rp 3,13 triliun. TOTO akan membagikan Rp 10 per saham dari total dividen sebesar Rp 103,20 miliar. FASW akan bagikan Rp 100 per saham dari total dividen sebesar Rp 268,72 miliar dan MAYA bagikan Rp 35 per saham dari total sebesar Rp 233,57 miliar.

Menanggapi kondisi ini, Valdy Kurniawan, Analis Phintraco Sekuritas mengatakan, salah satu faktor yang membuat sebuah emiten itu menjadi menarik adalah dari rutinitas emiten tersebut dalam membagikan dividen. Dividen juga merupakan salah satu tujuan investor untuk melakukan investasi.

“Pada umumnya harga saham akan cenderung naik saat mendekati atau tepat di cum date dividen. Ini bisa dimanfaatkan untuk masuk di jangka pendek,” ujarnya kepada Kontan, Selasa (13/11).

Selain itu, ini mencerminkan emiten tersebut memiliki fundamental yang baik. Pembagian dividen pada umumnya akan memberikan sentimen yang positif terutama saat besaran dividen sesuai dengan ekspektasi pasar.

Lebih lanjut, rekomendasi menurut Valdy yakni TOTO direkomendasi trading buy di area konsolidasi Rp 320-Rp 340 per saham dalam jangka pendek. Akumulasi beli jika menembus ke level Rp 340 per saham. TOTO berpeluang menguat ke kisaran Rp 360- Rp 380.

UNVR sendiri direkomendasikan untuk masuk di kisaran level support Rp 39.000 hingga Rp 40.000 per saham. UNVR berpeluang rebound ke kisaran Rp 42.000 per saham dalam jangka pendek.

Selanjutnya, FASW direkomendasikan hold. Namun untuk yang ingin trading buy bisa di kisaran level support dan resistance Rp 7.000 sampai Rp 8.000 per saham.

Senada, Rovandi, Analis Trimegah Sekuritas mengatakan, emiten yang rajin bagikan dividen akan sangat diminati bagi investor jangka panjang yang mencari cuan tidak hanya dari capital gain. Pun, ini juga mencerminkan secara fundamental emiten dalam kondisi yang baik terutama dari sisi arus kas.

“Momentum ini bisa dimanfaatkan untuk masuk dan keluar dalam jangka pendek karena sentimen ini akan positif secara jangka pendek,” ujar Rovandi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×