kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

MI menilai saat ini merupakan momen paling tepat masuk reksadana pendapatan tetap


Senin, 16 Maret 2020 / 21:23 WIB
MI menilai saat ini merupakan momen paling tepat masuk reksadana pendapatan tetap
ILUSTRASI. Investor bisa masuk obligasi dengan durasi yang pendek terlebih dahulu.


Reporter: Hikma Dirgantara | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Para Manajer Investasi (MI) menyebut saat ini merupakan momen yang tepat bagi para investor yang ingin masuk ke instrumen reksadana pendapatan tetap. Pasalnya imbal hasil Surat Utang Negara (SUN) tengah berada dalam tren kenaikan seiring kemungkinan pemangkasan suku bunga oleh Bank Indonesia (BI) akan terjadi lebih dari dua kali pada tahun ini.

Namun para MI menuturkan saat ini tren yang terjadi adalah para investor tengah risk off seiring adanya pandemi corona. Sehingga dalam jangka pendek, harga akan turun karena investor keluar dari aset berisiko termasuk emerging markets bond dan equity.

Head of Investment Avrist Asset Management (Avrist AM) Farash Farich menyebut ketika pandemi corona mereda, investor akan melihat valuasi pasar obligasi sangat menarik. Farash mencontohkan yield SUN 10 tahun saat ini spread-nya sudah 660 bps di atas yield US Treasury, padahal secara historis biasanya hanya sekitar 500 bps.

“Sehingga saat koreksi seperti ini terjadi, investor domestik memanfaatkannya untuk berinvestasi di ETF obligasi dan reksa dana pendapatan tetap. Bisa dimulai dengan yang durasinya pendek terlebih dahulu,” ujar Farash.

Baca Juga: Reksadana pendapatan tetap akan diuntungkan pemangkasan suku bunga

Hal yang sama juga disampaikan Fixed Income Portfolio Manager Sucorinvest Asset Management Adi Saputra. Menurutnya, obligasi yang memiliki durasi pendek, cenderung mengalami penurunan yang tidak terlalu dalam meskipun pasar tengah turun.

“Oleh karena itu, ketika corona outbreak terjadi di Januari, kami mengantisipasinya dengan mengganti obligasi yang semula tenornya 7-9 tahun menjadi 4-6,5 tahun. Karena memiliki bantalan yang lebih tebal sehingga turunnya tidak terlalu dalam,” terang Adi.

Adi menambahkan, reksadana pendapatan tetap yang memiliki underlying SUN, merupakan instrumen yang cocok untuk dipilih. Karena dari demand, juga selalu tinggi dan ketika pasar mulai pulih, reksadana pendapatan tetap juga akan segera ikut pulih. Terlebih lagi level yield di 7,2% sudah termasuk bagus dan atraktif untuk profile makro Indonesia saat ini.

Baca Juga: Terus merosot, ini skenario terburuk IHSG hingga akhir semester I-2020

Sementara Direktur Panin Asset Management (Panin AM) Rudiyanto menyarankan para investor bahwa opsi cut loss bisa dijadikan pilihan. Jika memang para investor sudah merasa tidak nyaman dengan kondisi yang ada saat ini.

“Tapi perlu diingat,berkaca dari pengalaman sebelumnya, IHSG dan obligasi selalu bisa bangkit dari krisis. Jadi sepanjang masih bisa menerima risiko, bisa melakukan pembelian secara bertahap di semua jenis kelas aset bisa menjadi pilihan,” kata Rudiyanto.

Ketiga MI di atas sama-sama memproyeksikan return reksadana pendapatan tetap pada tahun ini tidak akan mampu mengulang return double digit seperti tahun lalu. Mereka memperkirakan return tahun ini berkisar di angka 7% - 9%.

Baca Juga: Yield SUN masih naik meski ada penurunan suku bunga

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×