kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cegah kondisi keuangan berantakan seperti tahun lalu, simak tips berikut


Jumat, 01 Januari 2021 / 19:25 WIB
Cegah kondisi keuangan berantakan seperti tahun lalu, simak tips berikut


Reporter: Wahyu Tri Rahmawati | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Belajar dari tahun-tahun sebelumnya, memasuki tahun yang baru di tahun 2021, masalah keuangan harus dipersiapkan secara matang. Apalagi pandemi membuat kondisi keuangan tidak sehat alias bermasalah. 

Financial Consultant Prita Hapsari Ghozie mengatakan, setidaknya ada empat mindset yang harus Anda miliki agar masalah keuangan Anda bisa terkontrol di 2021. "Pertama adalah kita harus memiliki mindset bukan masalah seberapa banyak kita menghasilkan uang, tapi seberapa besar pengeluaran penting kita, agar kita bisa tersadar bahwa kita masih memiliki kesempatan," ujar Prita dalam dari siaran video YouTube bertajuk Wajib Tonton! Tips Keuangan Tahun 2021, Jumat (1/1/2021). 

Kedua, yakni bagaimana karakter keuangan kita. Prita menyebutkan, apabila seseorang memang ingin memiliki finansial yang sehat, jangan sampai tergoda dengan orang-orang yang boros. 

Oleh sebab itu, menurut dia, penting sekali untuk memberi batasan diri dalam membuat pengeluaran dan mau membereskan diri sendiri. "Kalau diri kita sendiri sudah beres, barulah bereskan kondisi keuangan kita," ucap dia. 

Mindset yang ketiga adalah pilihlah mau terlihat kaya atau memang menjadi kaya. Keempat, adalah terus tingkatkan pendapatan dan atur perencanaan keuangan secara bijak. 

Prita juga menyarankan agar memiliki rencana yang bijak dalam mengelola keuangan. Sebab sejauh ini, dia bilang, sering sekali orang-orang malah sibuk untuk meningkatkan pendapatan tetapi tidak ada rencana yang bijak, sehingga semua perencanaan pun menjadi berantakan.

Baca Juga: Catat tips ini biar resolusi 2021 tak cuma bertahan sebulan

Merencanakan keuangan

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar keuangan Anda di 2021 bisa terencana dengan baik. "Pertama adalah pertahankan sumber pendapatan. Dengan berhasil mempertahankan sumber pendapatan, maka kita bisa membentuk cashflow," ujar Prita. 

Kedua adalah mempersiapkan dana darurat. Menurut Prita, dana darurat dengan dana tabungan adalah dua hal yang berbeda. Dana darurat adalah dana yang dipersiapkan untuk musibah yang tak tahu akan dipakai kapan. Sementara tabungan adalah dana yang bisa dipakai untuk jangka yang panjang. 

Ketiga, persiapkan asuransi kesehatan. Dia menyarankan, bagi Anda yang enggan memiliki asuransi kesehatan, sebaiknya disarankan untuk memiliki tabungan khusus untuk kesehatan. "Khususnya para freelancer, itu enggak punya asuransi kesehatan atau BPJS Kesehatan, mau enggak mau ya mereka harus punya tabungan yang dialokasikan untuk kesehatan," ucap Prita. 

Keempat adalah dana pendidikan anak. Selain dana darurat, dia bilang, dana pendidikan anak juga harus dicek secara berkala. 

Sebab, hidup akan terus berjalan dan anak-anak akan terus bersekolah. "Kelima adalah membuat dana pensiun. Mengapa penting? Agar tidak ada lagi anak yang terjebak ke dalam sandwich generation dan satu-satu caranya adalah orangtua memang harus memiliki dana pensiun yang baik," kata Prita.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul 5 Tips Agar Keuangan Membaik di Tahun 2021.
Penulis: Elsa Catriana
Editor: Ambaranie Nadia Kemala Movanita

Baca Juga: Mengkaji ulang rencana keuangan usai lewati pandemi

Baca Juga: Pasar keuangan membaik tetap alokasikan dana darurat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×