kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
Tujuan Terkait

Wall Street Tertekan oleh Pertumbuhan Ekonomi AS yang Berada di Bawah Ekspektasi


Jumat, 26 April 2024 / 05:11 WIB
Wall Street Tertekan oleh Pertumbuhan Ekonomi AS yang Berada di Bawah Ekspektasi
ILUSTRASI. Saham-saham Wall Street melemah pada hari Kamis karena pertumbuhan ekonomi AS di bawah ekspektasi.


Reporter: Wahyu Tri Rahmawati | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Saham-saham Wall Street melemah pada hari Kamis. Pasar dikejutkan oleh data yang menunjukkan pertumbuhan ekonomi Amerika Serikat (AS) yang lebih lambat dari perkiraan dan inflasi yang terus-menerus. Pasar diperberat lagi dengan aksi jual saham-saham berkapitalisasi besar yang dipicu oleh hasil Meta Platforms yang mengecewakan.

Kamis (25/4), Dow Jones Industrial Average turun 375,12 poin atau 0,98% menjadi 38.085,80. Indeks S&P 500 kehilangan 23,21 poin atau 0,46% menjadi 5.048,42. Nasdaq Composite kehilangan 100,99 poin, atau 0,64%, menjadi 15.611,76.

Data pada hari Kamis menunjukkan bahwa perekonomian AS tumbuh pada laju paling lambat dalam hampir dua tahun pada kuartal pertama. Sementara inflasi meningkat, mengurangi harapan bahwa Federal Reserve akan mulai memangkas suku bunga tahun ini.

Produk domestik bruto (PDB) AS meningkat 1,6% secara tahunan pada kuartal pertama 2024, laju paling lambat sejak kuartal kedua tahun 2022, menurut Biro Analisis Ekonomi Departemen Perdagangan AS. Ekonom yang disurvei oleh Reuters memperkirakan PDB akan meningkat pada tingkat 2,4%, dengan perkiraan berkisar antara 1,0% hingga 3,1%.

Perekonomian tumbuh pada tingkat 3,4% pada kuartal keempat. Laju pertumbuhan kuartal pertama ini berada di bawah apa yang dianggap oleh pejabat bank sentral AS sebagai tingkat pertumbuhan non-inflasi sebesar 1,8%.

Tidak termasuk persediaan, belanja pemerintah dan perdagangan, perekonomian tumbuh pada 3,1% di kuartal pertama 2024 setelah meningkat pada laju 3,3% pada kuartal keempat. Hal ini juga menghilangkan anggapan bahwa pengeluaran pemerintah mendorong perekonomian.

Baca Juga: Wall Street Memerah, Terbebani Saham Meta Platform dan Data Ekonomi AS Terbaru

Hasil mengecewakan dari Meta yang sahamnya anjlok hampir 11% juga membebani sentimen pasar. Tiga saham Magnificent Seven lainnya, termasuk Alphabet, Amazon.com dan Microsoft, berakhir lebih rendah.

Namun, saham Alphabet dan Microsoft menguat dalam perdagangan yang diperpanjang setelah kedua perusahaan melaporkan hasil kuartalan yang mengalahkan perkiraan Wall Street. Intel memperkirakan pendapatan dan laba kuartal kedua di bawah perkiraan pasar, menyebabkan harga sahamnya turun 8% dalam perdagangan yang diperpanjang.

Saham di sektor komunikasi yang terseret oleh Meta, adalah yang mengalami penurunan terbesar di S&P 500. Kategori saham lain yang melemah adalah sektor kesehatan, real estat, keuangan, kebutuhan pokok konsumen, dan sektor kebijakan konsumen. 

“Angka PDB jelas memberikan perubahan pada paradigma bahwa pasar bergantung pada saham dalam hal pertumbuhan yang tinggi; dan jika Anda tidak memiliki pertumbuhan yang tinggi, hal itu akan menghasilkan pendapatan yang lebih rendah dari perkiraan,” kata James St. Aubin , kepala investasi di Sierra Mutual Funds di California kepada Reuters.

Pasar uang memperkirakan penurunan suku bunga The Fed hanya sekitar 36 basis poin pada tahun ini, turun dari sekitar 150 bps pada awal tahun, menurut data LSEG.

Baca Juga: IHSG Turun Lagi, Simak Rekomendasi Saham Pilihan Analis Usai Kenaikan BI Rate

Secara terpisah, jumlah orang Amerika yang mengajukan klaim baru untuk tunjangan pengangguran secara tak terduga turun pada minggu lalu. Data ini menunjukkan masih ketatnya kondisi pasar tenaga kerja. Indeks pengeluaran Konsumsi Pribadi (PCE) bulan Maret, yang merupakan ukuran inflasi pilihan The Fed, akan dirilis pada hari Jumat.

“Kerusakan ganda juga terjadi pada angka inflasi yang lebih kuat dari perkiraan sehingga tidak ada hikmahnya dalam laporan tersebut; angka tersebut masih positif secara absolut tetapi relatif terhadap ekspektasi yang tinggi, hal ini mengecewakan,” tambah St. Aubin.

Harga saham International Business Machines turun 8% setelah mengumumkan kesepakatan senilai US$ 6,4 miliar untuk membeli HashiCorp bersamaan dengan hasil kuartal pertama. Pendapatan emiten ini meleset dari perkiraan.

Harga saham Southwest Airlines turun hampir 7% karena maskapai tersebut memangkas proyeksi pengiriman pesawat baru dari Boeing pada tahun 2024 untuk ketiga kalinya.

Harga saham Caterpillar merosot 7% setelah memangkas perkiraan penjualan kuartal kedua karena permintaan peralatan konstruksi berkurang dari lonjakan tahun lalu.

Meningkatnya harga emas membantu Newmont, penambang emas batangan terbesar di dunia, melaporkan laba kuartal pertama yang melampaui perkiraan. Harga saham Newmont naik 12%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

Tag


TERBARU

[X]
×