kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

TGRA merambah pembangkit listrik energi terbarukan


Jumat, 26 Mei 2017 / 20:31 WIB
TGRA merambah pembangkit listrik energi terbarukan


Reporter: Hasyim Ashari | Editor: Yudho Winarto

JAKARTA. PT Terregra Asia Energy Tbk (TGRA) merupakan perusahaan pemasok alat-alat listrik dan jasa maintenance ke pembangkit listrik milik Perusahaan Listrik Negara (PLN) dan perusahaan lainnya. Namun tahun ini TGRA mencoba masuk ke bisnis pembangkit listrik lebih dalam dengan membangun pembangkit listrik tenaga mini hydro (PLTMH).

Sekertaris perusahaan TGRA Christin Soewito bilang perusahaan bakal membangun 4 PLTMH tahun ini di Sumatra Utara dengan total kapasitas mencapai 36 megawatt (MW). "Saat ini sedang dalam tahap konstruksi dan diharapkan selesai semester II-2019 mendatang," ujar Christin kepada KONTAN, beberapa waktu lalu.

Total investasi untuk pembangunan empat PLTH tersebut diperkirakan akan menelan biaya sekitar Rp 1 triliun. Di mana Rp 90 miliar didapatkan dari hasil penawaran umum perdana atau initial public offering (IPO) beberapa waktu lalu. Kemudian sebagian besar dananya akan diambil dari pinjaman dari lembaga pembiayaan dan perbankan, namun untuk proporsinya perusahaan masih belum menghitung.

Pembangunan 4 PLTMH ini menggunakan kontrak dalam engineering, procurement dan construction (EPC). Sehingga proses pendanaan awal akan dibiayai oleh kontraktor, jika proyek sudah selesai TGRA akan take over proyek tersebut dan membayar biaya pembangunan proyek tersebut.

Proyek pembangkit listrik ini baru tahap awal, rencananya setelah rampung pembangunan 4 PLTMH, TGRA bakal membangun empat PLTMH lagi, dengan itu perusahaan bakal memiliki 8 PLTMH pada 2021. Proyek-proyek ini termasuk dalam rencana pembangunan pembangkit listrik hingga 300 MW yang direncanakan akan selesai selama tujuh tahun ke depan.

Selain proyek PLTMH dalam prospektus TGRA juga merencanakan untuk membangun 3 proyek pembangkit listrik tenaga air (PLTA), jadi total semua proyeknya menjadi 11 proyek pembangkit listrik.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×