kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

PGAS teken kesepakatan dengan provider di Belawan


Kamis, 26 Januari 2012 / 14:10 WIB
PGAS teken kesepakatan dengan provider di Belawan
ILUSTRASI. Logo Pacific Islands Forum (Forum Kepulauan Pasifik)


Reporter: Anna Suci Perwitasari | Editor: Dupla Kartini

JAKARTA. PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS) akhirnya meneken kesepakatan contract for providing Medan LNG FSRF di Belawan, Sumatera Utara dengan provider Hoegh LNG - PT Rekayasa Industri Consortium. Kerjasama ini untuk kapasitas regasifikasi sebesar 240 MMSCFD.

Direktur Utama PGAS Hendi Prio Santoso dalam rilis yang diterima KONTAN, Kamis (26/1) menyebutkan, sesuai kontrak, provider akan menyediakan Kapal Floating Storage and Regasification Unit (FSRU) untuk jangka waktu 20 tahun termasuk pembangunan mooring system, pipeline dan stasiun gas bumi, baik Onshore Receiving Facilities (ORF) dan Off-take Station (OTS).

Kapal FSRU yang sedang dibangun (Newbuild Vessel) ini berkapasitas 170.000 meter kubik, dan mampu mengalirkan gas hasil regasifikasi hingga 240 MMSCFD.

Gas hasil regasifikasi LNG tersebut akan dialirkan melalui pipa dengan diameter 20 inch sepanjang + 17 Km untuk offshore, dan sepanjang + 5 Km untuk onshore guna memasok PLTGU Sicanang milik PLN di daerah Belawan, Medan, Sumatera Utara.

Proyek ini direncanakan akan selesai pada semester kedua tahun 2013. Gas hasil regasifikasi LNG ini juga akan dialirkan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan industri di wilayah Medan dan sekitarnya.

“Penandatanganan kontrak ini merupakan wujud komitmen kami dalam percepatan penyediaan kebutuhan energi untuk wilayah Sumatera Utara dan peningkatan pertumbuhan ekonomi nasional,” ujar Hendi, dalam rilis.

FSRU merupakan teknologi baru di dunia dalam penyimpanan dan regasifikasi LNG. FSRU ini menggunakan sistem bongkar muat LNG dari kapal ke kapal (ship to ship) kedua di Indonesia. Medan LNG FSRF merupakan lanjutan dari program pengembangan LNG yang sedang dilakukan oleh PGN bersama dengan PT Pertamina (Persero) di Jawa Barat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×