: WIB    —   
indikator  I  

Pertumbuhan transaksi mapan tumbuh 10 kali lipat

Pertumbuhan transaksi mapan tumbuh 10 kali lipat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pertumbuhan Arisan Mapan semakin berkembang. Arisan Mapan saat ini memiliki 900.000 anggota.

Chief of Executive Officer and Co-Founder Mapan, Aldi Haryopratomo mengatakan, pertumbuhan anggota Arisan Mapan tumbuh 10 kali lipat dibandingkan tahun lalu. Jumlah anggota dan jumlah transaksi selaras. 

Dia menjelaskan, Arisan Mapan berbeda dengan kredit pada umumnya. Aldi memberikan contoh, satu kelompok Arisan beranggota 10 orang anggota yang mempunyai kebutuhan seperti oven seharga Rp 4 juta. Maka masing-masing orang akan mencicil 1/10 dari harga produk.

Penagih cicilan akan dilakukan oleh ketua Arisan. "Kami benar-benar mendorong mereka untuk mencari anggota yang dipercaya. Di sini kami tidak memberikan kredit. Mereka sendiri yang menentukan sistemnya. Begitu pun kalau pencicilan macet, maka kelompok yang menyelesaikan. Nah, karena mereka saling kenal, maka mereka bakal saling bantu," terang Aldi.

Terkait regulasi, Aldi bilang bisnisnya adalah menjual produk yang merupakan kebutuhan arisan kepada kelompok arisan, dan bukan menghimpun dana arisan. Maka Aldi mengatakan, bisnisnya telah mendapatkan perizinan dari Departemen Perdagangan Indonesia.

Aldi mengakui mendapatkan margin bisnis dari penjualan kebutuhan rumah tangga dari berbagai penyedia produk, yakni 70% merupakan produk Indonesia. Bahkan kini, Arisan Mapan telah bermitra dengan 500 pelaku UMKM yang menyetok barang mereka untuk disalurkan oleh Mapan ke pada anggota Arisan.

"Kami mengambil margin dari anggota yang banyak, sehingga kami mendapatkan harga grosir, disana selisihnya," jelas Aldi. Saat ini sudah terdapat 900.000 anggota Arisan yang tersebar di 90 kota yang memiliki 114 kantor.

Guna mengapresiasi upaya ketua arisan dalam menghimpun anggotanya dalam melakukan transkasi di Mapan, ketua arisan diberikan komisi potongan harga sebesar 10% untuk barang non elektronik dan 5% untuk barang elektronik.

Akhir tahun ini, Mapan menargetkan memiliki anggota arisan hingga 1 juta orang. Selain itu, Aldi juga ingin bisnisnya dapat tumbuh dan tersebar hingga keseluruh Indonesia. Aldi bilang kedepannya, Mapan bisa saja memberikan pembiayaan kepad anggota Arisan ataupun mengandeng pihak ketiga.

Asal tahu saja Mapan telah berdiri sejak 2009. Kala itu perusahaan ini bernama PT Ruma. Memiliki misi untuk meningkatkan akses, derajat, dan pendapatan bagi masyarakat berpendapatan rendah melalui teknologi.

 

 


Reporter Maizal Walfajri
Editor Rizki Caturini

ARISAN

Feedback   ↑ x
Close [X]