kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Permintaan Meningkat Selama Ramadan, Cermati Rekomendasi Saham AALI dan LSIP


Selasa, 12 Maret 2024 / 02:30 WIB
Permintaan Meningkat Selama Ramadan, Cermati Rekomendasi Saham AALI dan LSIP
ILUSTRASI. Pekerja mengangkut tandan buah kelapa sawit di kawasan PT Perkebunan Nusantara II, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, Sabtu (17/2/2024). Kementerian Kordinator Bidang Perekonomian menargetkan peremajaan kelapa sawit tahun 2024 seluas 540 hektare atau dua kali lipat dibandingkan tahun 2022.ANTARA FOTO/Yudi/Spt.


Reporter: Aulia Ivanka Rahmana | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Jelang Ramadan biasanya terjadi peningkatan permintaaan minyak goreng dibandingkan permintaan di bulan-bulan lainnya.

Tahun lalu saja, di periode Ramadan hingga Lebaran, pemerintah melakukan kebijakan domestic stock obligation (DMO) minyak goreng sebanyak 450.000 ton. Padahal di bulan-bulan lainnya hanya 300.000 ton. 

Research Associate Panin Sekuritas Sarkia Adelia Lukman melihat sektor sawit saat ini masih terlihat flat dikarenakan pada tahun lalu telah terjadi penurunan harga sawit global. Selain itu permintaan juga tidak memadai dengan produksi CPO yang ada.

Baca Juga: Simak Rekomendasi Saham PTBA, LSIP, dan ESSA untuk Perdagangan Kamis (7/3)

"Memang secara historikal terjadi kenaikan target DMO di bulan Ramadan, hanya saja perlu diketahui dari sisi demand tidak pernah mencapai target tersebut," kata Sarkia kepada Kontan.co.id, Jumat (8/3).

Sehingga target tersebut terlalu tinggi dan belum sesuai realitas. Sarkia melihat permintaan minyak goreng ini akan sedikit meningkat namun tidak akan mencapai target. 

Dari sisi harga saham, secara historikal memang naik saat bulan Ramadan dan jelang hari Idul Fitri, namun tidak terlalu signifikan, pasalnya kondisi industri sawit juga masih tertekan.

"Secara fundamental akan berpengaruh ke top-line perusahaan namun tidak begitu signifikan seperti penjualan ekspor," tuturnya.

Baca Juga: Permintaan Minyak Sawit Meningkat di Bulan Ramadan, Simak Rekomendasi Saham CPO

Asal tahu saja, kebijakan penyaluran DMO dibagi rata pada pengusaha sawit, di mana perusahaan sawit diperkenankan untuk melakukan ekspor dengan volume enam kali lipat dari jumlah yang telah dipasok untuk pasar domestik atau dengan rasio 1:6. 

Meski begitu ia melihat dampaknya minor terhadap emiten sawit.

Sarkia merekomendasikan hold pada saham PT Astra Agro Lestari Tbk (AALI) dengan target harga Rp 7.800 per saham dan hold saham PT PP London Sumatra Indonesia Tbk (LSIP) dengan target harga Rp 1.100 per saham.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×