kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ophir setuju penawaran akuisisi dari Medco (MEDC) senilai US$ 539 juta


Kamis, 21 Maret 2019 / 08:44 WIB
Ophir setuju penawaran akuisisi dari Medco (MEDC) senilai US$ 539 juta


Reporter: Khomarul Hidayat | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - LONDON. Ophir Energy Plc, perusahaan yang terdaftar di bursa saham London akhirnya setuju diakuisisi perusahaan minyak dan gas asal Indonesia, PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC, anggota indeks Kompas100) senilai 408,4 juta poundsterling atau setara  US$ 539 juta.

Berdasarkan ketentuan tersebut, pemegang saham Ophir akan menerima 57,5 ​​pence per saham dalam bentuk tunai, demikian pernyataan bersama Ophir dan MEDC seperti dilansir Reuters, Kamis (21/3). Harga akuisisi tersebut naik dari penawaran sebelumnya 55 pence per saham.

Peningkatan penawaran terjadi setelah Financial Times melaporkan bahwa hedge fund Petrus Adviser yang memiliki 3,94% saham Ophir, berencana memberikan voting terhadap penawaram Medco karena dianggap meremehkan Ophir.

Pada Februari 2019 lalu, Petrus telah menyerukan alternatif atas penawaran akuisisi Ophir oleh Medco dan meminta Ophir menempatkan direktur yang didukung Petrus untuk mengawasi perubahan penawaran yang diusulkan.

Ophir, yang mengeksplorasi dan memproduksi minyak dan gas di Asia dan Afrika,  maupun Medco tidak mengomentari laporan Financial Times tersebut.

Medco sendiri menyatakan penawaran sebesar 57,5 ​​pence per saham sudah final dan tidak akan ditingkatkan. "Direktur Ophir merekomendasikan agar pemegang saham memberikan suara setuju dengan kesepakatan tersebut," sebut Medco seperti dilansir Reuters.

Ophir menyebutkan, pertemuan sehubungan dengan peningkatan penawaran dari Medco ini akan diadakan pada 25 Maret 2019.

Harga penawaran Medco lebih tinggi sekitar 73% dari harga penutupan Ophir pada 28 Desember 2018, hari perdagangan terakhir sebelum Medco pertama kali mengumumkan kemungkinan penawaran atas Ophir. Harga penawaran tersebut juga lebih besar sekitar 2,7% dari harga saham Ophir di penutupan perdagangan, Rabu (20/3), sebesar 56 pence per saham.

Medco berencana mendanai akuisisi tersebut dari pinjaman dan kas yang ada.

Ophir pada bulan Januari 2019 lalu menolak penawaran senilai US$ 437 juta atau 48,5 sen per saham dari Medco. Ophir menilai penawaran itu meremehkan perusahaan.

Standard Chartered Bank bertindak sebagai penasihat keuangan untuk Medco dalam proses akuisisi ini. Sementara Morgan Stanley dan Lambert Energy Advisory menjadi penasihat Ophir.

Didirikan oleh taipan minyak dan gas Arifin Panigoro, Medco telah melakukan akuisisi yang cukup besar dalam beberapa tahun terakhir, termasuk memimpin akuisisi senilai US$ 2,6 miliar atas unit Newmont Mining Corp di Indonesia pada November 2016.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×