: WIB    --   
indikator  I  

INTP membidik kenaikan penjualan 5%

INTP membidik kenaikan penjualan 5%

JAKARTA. PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk (INTP) membidik kenaikan penjualan semen tahun ini 3% - 5% di tahun ini. Setelah pada tahun 2016 mengalami penurunan penjualan semen sekitar 2,9% menjadi 16,6 juta dari tahun sebelumnya.

Presiden Direktur INTP Christian Kartawijaya menyampaikan, meskipun tahun ini akan ada oversupply semen sekitar 37 juta ton namun pihaknya optimistis akan ada kenaikan 3% - 5%. "Artinya inline dengan industri. Kita akan coba mempertahankan pada posisi itu," ujarnya di BEI, Jumat (17/3).

Selain karena kondisinya lebih baik dari tahun kemarin, INTP tahun ini akan menerapkan strategi enuser program yaitu program beli semen dapat hadiah. Di mana hadiahnya sangat variatif dari mulai pulsa, sepeda motor sampai umroh. Hal ini untuk mendorong para tukang ataupun kontraktor membeli semen tiga roda.

Selain itu tahun ini INTP mempunyai keuntungan dengan adanya pabrik baru P14 berkapasitas 4,4 juta ton per tahun di Citeurep. Pabrik ini dapat menggantikan dua pabrik yang sudah tua sehingga akan membantu mengurangi beban produksi sekitar US$ 7 - 8 per ton.

Keuntungan kedua, INTP tidak mempunyai utang jadi perseroan bisa bersaing lebih baik. Ketiga merek dagang semen Tiga Roda di beberapa tempat merupakan price leader sehingga menjadi unggul dibandingkan yang lain dan keempat INTP punya merek semen baru yaitu Rajawali yang akan bersaing di pasar kelas dua dan saat ini penjualannya tidak buruk.

"Jadi itu yang membuat saya optimistis. Ditambah dengan kita pionir beton, kita punya ready mix yang cukup kuat dan kerja sama kita dengan rekanan Adhi Mix Karya Beton yang cukup baik. Ini membuat koneksi penjualan lebih baik," ungkapnya.


Reporter Hasyim Ashari
Editor Yudho Winarto

KINERJA EMITEN

Feedback   ↑ x
Close [X]