: WIB    --   
indikator  I  

IHSG bersiap kembali untuk cetak rekor baru

IHSG bersiap kembali untuk cetak rekor baru

JAKARTA. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) melanjutkan tren kenaikannya pasca sentuh rekor tertinggi pada awal perdagangan Senin (20/3). Mengacu data RTI, indeks dibuka naik 0,33% ke level 5.560,25 pukul 09.18 WIB.

Tercatat 126 saham bergerak naik, 71 saham bergerak turun, dan 101 saham stagnan. Volume perdagana 1,79 miliar lot saham dengan nilai transaksi mencapai Rp 1,14 triliun.

Delapan dari 10 indeks sektoral mendorong IHSG di zona positif. Sektor aneka industri memimpin penguatan 1,34%. Sementara, dua sektor yang memerah yakni; perdagangan turun 0,40% dan infrastruktur turun 0,04%.

Capital inflow pun masih mengalir. Investor perdagangan pagi ini masih mencatatkan beli bersih sekitar Rp 283,334 miliar.

Analis Binaartha Sekuritas Reza Priyambanda menjelaskan, kenaikan itu didorong oleh sejumlah sentimen. Dari dalam negeri, banyaknya berita positif dari makroekonomi Indonesia.

Salah satunya, pernyataan MenKo Perekonomian, Darmin Nasution, yang menilai pertumbuhan kuartal I 2017 dapat mencapai 5% lebih tinggi dari periode sebelumnya.

Dari sentimen global, mungkin ini menjadi sentimen yang paling signifikan, yakni kenaikan suku bunga The Fed. "Keputusan untuk menaikan suku bunga itu memberikan sentimen positif yang secara psikologis dipersepsikan berkurangnya risiko ketidakpastian," imbuh Reza.


Reporter Yudho Winarto
Editor Yudho Winarto

IHSG

Feedback   ↑ x
Close [X]