kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga minyak acuan tergelincir akibat lonjakan kasus virus corona di Eropa dan AS


Jumat, 16 Oktober 2020 / 14:44 WIB
Harga minyak acuan tergelincir akibat lonjakan kasus virus corona di Eropa dan AS


Sumber: Reuters | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - TOKYO. Harga minyak mentah melemah pada perdagangan akhir pekan ini. Harga emas hitam ini terseret oleh kekhawatiran bahwa lonjakan kasus Covid-19 di Eropa dan Amerika Serikat (AS) membatasi permintaan minyak. 

Di sisi lain, penguatan dolar AS juga menambah tekanan bagi harga minyak mentah acuan. Alhasil, harga minyak menjadi lebih malah bagi mata uang lainnya. 

Jumat (16/10) pukul 14.15 WIB, harga minyak mentah berjangka Brent untuk kontrak pengiriman Desember 2020 turun 38 sen atau 0,9% menjadi US$ 42,78 per barel. 

Setali tiga uang, harga minyak mentah jenis West Texas Intermediate (WTI) kontrak pengiriman November 2020 juga turun 35 sen atau 0,9% ke level $ 40,61 per barel.

Baca Juga: Harga minyak hanya bergerak tipis meski stok minyak mentah AS merosot

Harga kedua minyak acuan ini turun sedikit dari hari sebelumnya, tetapi hampir tidak berubah jika dibandingkan dengan pekan sebelumnya.

"Kenyataannya adalah kita sekarang melihat penyebaran pandemi yang cukup aktif di seluruh Eropa dan menyebar lagi di Amerika Utara dan berpotensi akan membebani pemulihan permintaan minyak," kata Lachlan Shaw, Head of Commodity Research National Bank of Australia.

"Di sisi lain, pasokan dari Libya tumbuh cukup kuat," lanjut dia.

Di Eropa, beberapa negara menghidupkan kembali jam malam dan penguncian untuk melawan lonjakan kasus virus corona baru. Terbaru adalah Inggris yang memberlakukan pembatasan Covid-19 yang lebih ketat di London mulai hari Jumat.

Kasus pandemi juga telah melonjak di bagian Midwest AS dan sekitarnya. Dimana infeksi baru dan rawat inap meningkat ke tingkat rekor ke dalam tanda tidak menyenangkan dari kebangkitan nasional karena suhu udara yang semakin dingin.




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×