: WIB    —   
indikator  I  

Harga CPO turun meski impor India diramal naik

Harga CPO turun meski impor India diramal naik

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ekspektasi kenaikan impor minyak sawit India di bulan Oktober rupanya masih belum mampu mengembalikan harga ke tren positif. Mengutip Bloomberg, Senin pukul 14.50 WIB, harga minyak sawit mentah kontrak pengiriman Januari 2017 masih terkoreksi 0,43% ke level RM 2.797 dari hari sebelumnya.

The Solvent Extrators Association of India diperkirakan akan merilis data perdagangannya pekan ini. Impor minyak sawit bulan Oktober diprediksi akan meningkat 2,1% menjadi 755.000 metrik ton dari periodeyang sama tahun lalu. Sedangkan total pembelian minyak nabati meningkat 9,1% menjadi 1,28 juta ton.

Ekspektasi kenaikan impor ini tak lepas dari tingginya permintaan untuk festival Diwali antara bulan September dan November. Minyak nabati merupakan bagian penting dari perayaan karena konsumsi manisan dan makanan yang digoreng meningkat.

Sementara untuk minyak kedelai impornya diramalkan naik 8% menjadi 300.000 ton di bulan Oktober. India membeli minyak kedelai dari Amerika Serikat, Brazil dan Argentina. Kemudian pembelian minyak bunga matahari naik 37% menjadi 133.000 ton. Impor minyak canola terlihat sebesar 30.000 ton.


Reporter RR Putri Werdiningsih
Editor Wahyu Rahmawati

CPO

Feedback   ↑ x
Close [X]