: WIB    —   
indikator  I  

Analis: Prospek IPO masih baik

Analis: Prospek IPO masih baik

JAKARTA. Sekitar 26 perusahaan berada di pipeline Initial Public Offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia. Meski demikian, dari 26 perusahaan ini belum ada satu perusahaan pun yang merupakan perusahaan yang berafiliasi dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Dari ke-26 perusahaan tersebut, sekitar 11 perusahaan sudah melakukan listing di Bursa Efek Indonesia. Diperkirakan, Bursa bakal kebanjiran IPO di semester kedua 2017 yang akan datang. Meski demikian, analis yakin bahwa IPO di semester kedua mendatang akan terserap oleh pasar.

"Secara momen bagus karena Indonesia karena sedang bertumbuh, pelaku pasar juga melihat peluang" kata Kevin Juido, Kepala Riset Paramitra Alfa Sekuritas, Jumat (16/6).

Kevin juga bilang bahwa beberapa hal akan mendorong penyerapan IPO seperti keluarnya anggaran belanja pemerintah serta laporan keuangan di kuartal kedua dan ketiga.

Ia memprediksi, di tahun 2017 hingga tahun 2018 ini BEI akan kebanjiran perusahaan-perusahaan yang akan IPO. Meski demikian, Ia menggarisbawahi beberapa sentimen yang mungkin mempengaruhi penyerapan IPO ini seperti harga minyak dan juga aturan-aturan yang mungkin dikeluarkan oleh Donald Trump.

Meski demikian, penyerapan juga akan sangat tergantung pada fundamental perusahaan. Ia bilang invetor akan melihat fundamental perusahaan serta sektor dari perusahaan tersebut.


Reporter Elisabet Lisa Listiani Putri
Editor Yudho Winarto

INITIAL PUBLIC OFFERING (IPO)

Feedback   ↑ x
Close [X]