kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Zipmex Buka Suara Atas Penghentian Sementara Penarikan Dana Fiat dan Kripto


Rabu, 27 Juli 2022 / 16:32 WIB
Zipmex Buka Suara Atas Penghentian Sementara Penarikan Dana Fiat dan Kripto
ILUSTRASI. Regulator sekuritas dan bursa Thailand sedang menyelidiki Zipmex yang memiliki eksposur ke Babel dan Celsius.


Reporter: Aris Nurjani | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Platform cryprocurrency Zipmex yang beroperasi di berbagai negara termasuk Indonesia, beberapa hari lalu sempat menghentikan sementara untuk penarikan dana fiat dan kripto. Regulator sekuritas dan bursa Thailand sedang menyelidiki Zipmex yang memiliki eksposur ke Babel dan Celsius yang merupakan platform crypto yang sedang bermasalah.

CEO & Co-Founder Zipmex Marcus Lim mengatakan penghentian itu karena adanya suatu masalah antara Zipmex dan Babel Finance dan Celsius. Dia menyebut, Zipmex tengah menyelesaikan masalah tersebut. Zipmex telah mendepositkan aset digital di Babel Finance dan Celsius sejak awal operasi ZipUp+.

"Pada 13 Juni 2022, Celsius melakukan penangguhan penarikan dari platform mereka, di mana kami langsung menghubungi mereka untuk meminta kejelasan. Namun, kami menilai bahwa jumlah neraca kami saat itu dapat menyerap potensi kerugian tersebut, sehingga kami telah menyetujui untuk menyerap potensi kerugian tersebut dan menghapus jumlah piutang," ungkap Marcus dalam keterangan tertulis Selasa (26/7).

Baca Juga: Thailand Probing Potential Losses for Users of Crypto Platform Zipmex

Marcus menyampaikan sejak Babel Finance menangguhkan penarikan dana, pihak Zipmex telah berupaya terus menerus untuk menghubungi mereka dan telah memutuskan untuk mengambil langkah hukum untuk menyelesaikan kasus ini.

Per tanggal 24 Juli 2022, nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) telah ditandatangani. Hal ini merupakan langkah signifikan dalam pembicaraan mengenai proses investasi yang akan dilanjutkan dengan proses uji kelayakan (due diligence) secara mendalam.

“Keterangan lebih lanjut mengenai jadwal rencana investasi akan kami sampaikan begitu kami mendapatkan informasi lebih lanjut,” ujar dia.

Baca Juga: Sempat Dihentikan, Zipmex Sudah Buka Kembali Fitur Penarikan Dana

Marcus menjelaskan sama seperti aset digital lainnya, nilai ZMT tergantung pada faktor eksternal dan juga terdampak oleh fenomena ekonomi global. Zipmex berencana menciptakan sebuah ekosistem agar ZMT dapat digunakan.

"Kami terus berusaha memenuhi komitmen roadmap kami. Kami memohon maaf atas isu yang terjadi pada ZipUp+. Saat ini, kami telah mengaktifkan kembali fitur withdrawal/penarikan dana Trade Wallet di seluruh kawasan operasional kami. Kami sangat mengapresiasi seluruh dukungan serta kesabaran Anda," tutur dia.

Marcus mengatakan pihaknya berupaya untuk melakukan pemulihan aset. Zipmex akan memberikan laporan terkini terkait kemajuan dari kondisi saat ini secara berkala. Hal ini tidak hanya melingkupi gugatan hukum terhadap Babel Finance dan Celsius, tetapi juga rencana investasi perusahaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×