kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45997,25   4,56   0.46%
  • EMAS1.134.000 0,18%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Yuk Intip Proyek Prioritas MNC Land (KPIG) di Tahun 2022


Jumat, 08 April 2022 / 08:45 WIB
Yuk Intip Proyek Prioritas MNC Land (KPIG) di Tahun 2022


Reporter: Nur Qolbi | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT MNC Land Tbk (KPIG) kian gencar mengembangkan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) MNC Lido City yang memiliki luas mencapai 3.000 hektare (ha). Presiden Direktur MNC Land Hary Tanoesoedibjo mengatakan, ada beberapa proyek di KEK tersebut yang menjadi prioritas pembangunan tahun 2022.

Pertama, Lido Music & Arts Center ditargetkan dapat selesai pada September atau Oktober 2022. Lido Music & Arts Center ditujukan sebagai outdoor venue untuk menyelenggarakan festival musik dan seni berskala nasional maupun internasional.

"Bakal ada konser besar di sana. Untuk itu, MNC Land akan bekerja sama dengan beberapa pihak," ucap Hary dalam acara QnA with KPIG yang diselenggarakan Henan Putihrai Sekuritas secara virtual pada Kamis (7/4).

Venue tersebut dibangun di atas lahan seluas 5 ha  serta dapat menampung 50.000 pengunjung dalam satu acara dengan empat panggung yang berbeda.

Baca Juga: Saham-Saham Grup MNC Ini Melesat, Begini Rekomendasi Analis

Kedua, proyek Movieland, yang dapat selesai sebagian pada semester II 2022. Kemudian, penyelesaian secara keseluruhannya akan dilaksanakan pada tahun 2023.

Meskipun baru selesai sebagian pada tahun ini, Movieland sudah bisa digunakan. Proyek yang dimiliki PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN) ini akan menjadi pusat produksi film dan seri drama terintegrasi yang dilengkapi dengan fasilitas produksi seperti lokasi syuting indoor dan outdoor, kamera, sound, dan fasilitas lainnya untuk mendukung proses pascaproduksi.

Ketiga, MNC Land berencana meluncurkan proyek private club house pada kuartal II-2022. Pembangunannya membutuhkan waktu 1,5 tahun sehingga Hary memperkirakan proyek ini dapat selesai secara keseluruhan pada akhir tahun 2023.

Keempat, proyek Golf Club Lido juga ditargetkan selesai pada kuartal I-2023. "Nanti ada general club house tapi ada juga country club-nya yang nyambung sama hotel. Country club-nya nyusul. Club house tahun depan selesai," tutur Hary.

Kelima, proyek data center yang menjadi bagian dari Techno Park di KEK MNC Lido City juga akan segera berjalan. Pasalnya, proyek ini tergolong sangat penting karena dapat menjadi sumber kas perusahaan.

 

Sementara itu, proyek edutainment garden Lido World Garden diperkirakan baru bisa menjadi fokus pembangunan pada 2024. Kemudian proyek theme park MNC World™ Lido pada 2025.

Selain itu, MNC Land juga berencana membangun sirkuit MotoGP dan MXGP permanen di KEK tersebut yang diperuntukkan sebagai tempat latihan kompetisi lokal dan internasional. Proyek ini rencananya juga akan dilengkapi dengan kawasan residential.

Di luar KEK MNC Lido City, MNC Land juga akan mengembangkan MNC Bali Resort di lahan seluas 107 hektare yang terletak di dekat Candi Tanah Lot, Bali. MNC Bali Resort akan diisi dengan exclusive beach club, gold course, vila, hotel mewah, dan fasilitas hiburan premium lainnya.

Potensi pendapatan 2022

Seiring dengan terkendali Covid-19 dan relaksasi pembatasan aktivitas wisata, MNC Land melihat adanya perbaikan pendapatan, terutama dari segmen hotel, resort, dan golf course di Bali. Sebagaimana diketahui, MNC Land memiliki hotel bintang 5, yakni The Westin Resort di Nusa Dua, Bali.

Sebelum pandemi Covid-19 melanda, pendapatan dari The Westin Resort bisa mencapai lebih dari Rp 500 miliar dalam setahun karena didukung dengan adanya convention center. "Sekarang sudah mulai balik tapi belum seperti dulu. Okupansi 60%-70% mudah-mudahan bisa, terutama mulai Lebaran dan seterusnya," ucap Hary.

Baca Juga: Simak Rekomendasi Saham-Saham Emiten Sektor Consumer Cyclicals Pilihan Analis

Pemasukan lainnya juga berasal dari sewa gedung perkantoran dan co-working space yang permintaannya sudah mulai naik kembali. Hary memperkirakan pertumbuhan pendapatan sebesar 15%-20% pada 2022 dari segmen bisnis ini.

Sebagaimana diketahui, MNC Land mengelola sejumlah gedung perkantoran di Jakarta, Surabaya, dan Bali. Sebut saja Park Tower, iNews Tower, MNC Financial Center, MNC Tower, Gedung Sindo, Gedung HighEnd, MNC Studios, MNC Vision Tower, MNC College, MNC Tower Surabaya, dan Gedung Indovision Bali.

Salah satu proyek teranyar yang akan diluncurkan dalam waktu dekat adalah hotel bintang 6 bernama Park Hyatt Jakarta. Hotel ini akan menempati 17 lantai teratas dari 37 lantai yang ada di Park Tower, Kebon Sirih, Jakarta Pusat.

Park Hyatt Jakarta akan menyediakan 222 kamar tamu serta menghadirkan pilihan bersantap dan hiburan hotel mewah tingkat baru ke kota. Hotel pertama di Indonesia dengan brand Park Hyatt ini akan diluncurkan paling lambat bulan Juni 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×