kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Wintermar Offshore (WINS) Siapkan US$ 12,5 Juta, untuk Apa Saja?


Sabtu, 16 April 2022 / 22:00 WIB
Wintermar Offshore (WINS) Siapkan US$ 12,5 Juta, untuk Apa Saja?


Reporter: Ika Puspitasari | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Wintermar Offshore Marine Tbk (WINS) mengalokasikan belanja modal sebesar US$ 12,5 juta pada 2022. Pek Swan Layanto, Investor Relations WINS mengatakan, senilai US$ 4 juta capex telah dilaksanakan, dan US$ 8juta lainnya dialokasikan untuk belanja modal 2022.

Penggunaan belanja modal guna menambah armada baru. Sebagai informasi, perusahaan telah menyuntikkan dana untuk membeli 2 Platform Supply Vessels (PSV) melalui lelang jaminan bank dan berinvestasi dalam usaha patungan untuk membeli unit PSV ketiga yang akan digunakan secara internasional.

Satu kapal telah aktif dan dua lainnya masih dalam proses docking untuk diaktifkan kembali pada akhir kuartal pertama 2022. Penambahan armada baru ini sejalan dengan permintaan yang masih tinggi. Harga minyak mentah Brent diperdagangkan di atas US$100 per barel pada tahun 2022.

Sesungguhnya, sambung Pek Swan Layanto, harga minyak mentah telah meningkat secara stabil sepanjang tahun 2021. Kekurangan pasokan tiba-tiba yang timbul dari sanksi terhadap minyak Rusia telah membuat lompatan akan kebutuhan investasi baru dalam eksplorasi.

Baca Juga: Widodo Makmur Perkasa (WMPP) Optimistis Kinerja Tahun Ini Bakal Tumbuh

Di Indonesia, pemerintah baru saja mengumumkan kenaikan anggaran investasi hulu migas untuk 2022 menjadi US$ 13,2miliar.

Dari investasi yang dianggarkan sebesar US$ 12,4miliar pada tahun 2021, hanya 86% yang terealisasi. Sejak perang Ukraina, ada kebutuhan mendesak dalam mendorong investasi di hulu minyak dan gas untuk memastikan keamanan energi negara.

"Tarif sewa untuk OSV sudah naik pada tahun 2021 dan akan terus mendapat keuntungan dari kebutuhan baru akan pengeboran," katanya dalam keterangan tertulis, Selasa (12/4).

Selain menambah armada baru, perusahaan ini juga berinvestasi dalam membangun tim awak kapal Indonesia yang kuat dengan kemampuan untuk mengoperasikan dan memelihara armada bernilai tinggi.

Baca Juga: Laba Bersih Erajaya (ERAA) Melesat 65% di Tahun Lalu

Salah satu tujuan keberlanjutan Wintermar yang dinyatakan adalah untuk mengembangkan pelaut Indonesia untuk bekerja secara internasional. Perusahaan telah memulai beberapa program pelatihan dan beasiswa untuk memberikan kesempatan kepada perwira muda dari akademi Indonesia untuk dilatih di armada.

Di sisi lain, WINS memperoleh total kontrak hingga akhir Februari 2022 sebesar US$66,4juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×