kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Waskita memperkuat modal cucu usaha


Jumat, 22 Desember 2017 / 08:42 WIB
Waskita memperkuat modal cucu usaha


Reporter: Riska Rahman | Editor: Dupla Kartini

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Waskita Karya Tbk (WSKT) memperkuat bisnis cucu usahanya. Anak-anak usaha WSKT mengucurkan tambahan dana, baik lewat peningkatan modal ataupun skema pinjaman.

Pertama, anak usaha WSKT di bidang tol, PT Waskita Toll Road (WTR), memberikan fasilitas pinjaman kepada PT Waskita Transjawa Toll Road (WTTR) sebesar Rp 240,15 miliar. Kemudian, pinjaman tersebut diberikan secara tunai kepada anak usahanya, yakni PT Pejagan Pemalang Tol Road (PPTR).

Pinjaman ini memiliki bunga sebesar 13,5% per tahun. Namun, fasilitas pinjaman ini hanya berlaku selama enam bulan sejak tanggal perjanjian. "Nantinya, utang pokok berikut perhitungan bunga ditambah kewajiban perpajakan dan denda wajib dilunasi dengan cara satu kali pembayaran bersamaan saat jatuh tempo," tulis manajemen WSKT dalam keterbukaan informasi yang dirilis Kamis (21/12).

WTR juga memberi pinjaman senilai Rp 11,42 miliar kepada WTTR. Pinjaman ini diteruskan ke PT Trans Jawa Paspro Jalan Tol (Paspro) dengan jumlah yang sama. Kupon yang diberikan terhadap fasilitas ini mencapai 13,5% per tahun. Jangka waktu pinjaman selama enam bulan.

Selain untuk anak usaha di bidang tol, WSKT juga meningkatkan modal bagi anak usaha di bidang energi. PT Waskita Karya Energi (WKE) meningkatkan modal disetor dan ditempatkan di PT Waskita Wado Energi (WWE).

WKE melakukan pembelian saham WWE sebesar 0,02% atau setara 3.840 saham senilai Rp 3,84 miliar. Kini kepemilikan saham WKE di WWE meningkat dari 99,95% menjadi 99,97%. "Peningkatan modal disetor dan ditempatkan ini akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan operasional," jelas Sekretaris Perusahaan WSKT Shastia Hadiarti dalam keterangan resmi.

WSKT juga masih terus meneruskan rencana divestasi aset tolnya. Beberapa waktu yang lalu, Direktur Utama WSKT M. Choliq menuturkan berniat melepas saham baru WTR kepada beberapa investor. Peminat saham anak usaha WSKT tersebut antara lain Islamic Development Bank (IDB), Saudi Arabian Oil Co dan Khazanah Nasional Bhd.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×