kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45877,52   -7,59   -0.86%
  • EMAS928.000 -1,28%
  • RD.SAHAM -0.50%
  • RD.CAMPURAN -0.07%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Waskita Karya (WSKT): Aset tol di Jawa dan Sumatra menarik bila ditawarkan lewat SWF


Rabu, 20 Januari 2021 / 14:52 WIB
Waskita Karya (WSKT): Aset tol di Jawa dan Sumatra menarik bila ditawarkan lewat SWF
ILUSTRASI. Kendaraan melintas di jalan tol Krian-Legundi-Bunder-Manyar (KLBM) seksi 1 di Gresik, Jawa Timur. ANTARA FOTO/Moch Asim/foc.


Reporter: Benedicta Prima | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pembentukan Lembaga Pengelola Investasi alias Sovereign Wealth Fund (SWF) bakal segera terealisasi. Pembentukan lembaga pengelola investasi ini digadang-gadang bakal memberikan angin segar bagi BUMN Karya. Pasalnya lembaga ini akan mempermudah BUMN Karya untuk mendapatkan pendanaan yang bersifat ekuitas. 

Sejauh ini, PT Waskita Karya Tbk (WSKT) sudah intensif mendiskusikan mengenai aset-aset miliknya yang berpeluang mendapatkan pendanaan melalui SWF. Saat ini data-data kepemilikan ruas tol Waskita yang berpotensi untuk dijual juga sudah diberikan kepada tim SWF. 

"Waskita memiliki portofolio aset jalan tol di Pulau Jawa dan Sumatra yang memiliki imbal hasil serta lalu lintas harian yang baik sehingga aset tersebut menarik apabila ditawarkan kepada para investor termasuk SWF," jelas SVP Corporate Secretary Waskita Karya Ratna Ningrum kepada Kontan.co.id, Rabu (20/1). 

Dengan SWF, lanjut Ratna, diharapkan dapat membantu Waskita Karya dalam melaksanakan daur ulang asetnya serta deleveraging atau penurunan utang konsolidasi dalam rangka memperkuat struktur keuangan. 

Baca Juga: Waskita Karya (WSKT) akan gelar RUPO untuk permohonan pengesampingan kewajiban

Sehingga Waskita dapat memiliki ruang untuk dapat melakukan investasi pada proyek infrastruktur lain. 

Saat ini Waskita Karya masih fokus untuk menyelesaikan transaksi divestasi aset jalan tol kepada investor yang prosesnya telah berjalan sejak tahun lalu. 

Emiten pelat merah ini berencana mendivestasi sembilan ruas tol di tahun ini. Empat di antaranya telah diskusi intensif dengan calon investor. 

Apabila empat divestasi tersebut terhambat, WSKT membuka peluang untuk dimasukkan ke SWF. 

Sebelumnya Direktur Utama Waskita Karya Destiawan Soewardjono sempat menyampaikan bahwa ada beberapa proyek yang berpotensi mendapatkan pendanaan dari SWF yaitu ruas tol Cibitung-Tanjung Priok, Depok-Antasari, Kanci-Pejagan, Pejagan-Pemalang, Pemalang-Batang dan Pasuruan Probolinggo.

Selanjutnya: Waskita Karya (WSKT) bantah pakai influencer untuk promosi saham

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Panduan Cepat Maximizing Leadership Sukses Presentasi: Presentasi Online Yang Tidak Membosankan Batch 2

[X]
×