kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45854,83   -7,61   -0.88%
  • EMAS917.000 -0,11%
  • RD.SAHAM -0.15%
  • RD.CAMPURAN 0.00%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Waskita Karya getol restrukturisasi utang, begini rekomendasi saham WSKT


Jumat, 16 Juli 2021 / 19:19 WIB
Waskita Karya getol restrukturisasi utang, begini rekomendasi saham WSKT
ILUSTRASI. Waskita Karya (WSKT) baru saja menyepakati restrukturisasi pinjaman senilai Rp 19,3 triliun.

Reporter: Sugeng Adji Soenarso | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT) baru saja menyepakati restrukturisasi pinjaman senilai Rp 19,3 triliun. Nilai ini setara 65% dari total pinjaman Rp 29,26 triliun dari seluruh kreditur Waskita.

Analis Mirae Asset Sekuritas, Joshua Michael menuturkan bahwa restrukturisasi utang yang dilakukan Waskita merupakan langkah yang tepat. Sebab, dengan begitu WSKT dapat memperbaiki kondisi neraca keuangannya.

"Restrukturisasi utang setidaknya mengurangi tekanan jangka pendek terhadap kondisi neraca, mengingat loan covenant yang sudah terlewati dan dapat membahayakan kelangsungan usaha WSKT," ujar Joshua kepada kontan.co.id, Jumat (16/7).

Joshua melanjutkan, pihaknya tak khawatir restrukturisasi utang WSKT akan membebani emiten ini di tahun-tahun mendatang. Hanya saja, Joshua menegaskan hal itu tergantung bagaimana hasil divestasi tol WSKT.

Baca Juga: ​Waskita Karya (WSKT) restrukturisasi pinjaman senilai Rp 19,3 triliun

Berdasarkan catatan Kontan.co.id, hingga Juni 2021 WSKT telah melepas tiga ruas tolnya. Dana yang diperoleh dari divestasi tersebut sebesar Rp 4,3 triliun.

Adapun, sepanjang 2021 WSKT berencana melepas sembilan ruas tol dengan target divestasi tol ini diharapkan mencapai Rp 10 triliun. Hasil divestasi ini bisa membantu Waskita mengurangi utang Rp 20 triliun.

Joshua menambahkan, dia menilai WSKT perlu melakukan divestasi tol dengan kepemilikan mayoritas, setelah sebelumnya hanya melepas minoritas saja. Hal tersebut, menurutnya, guna mengurangi (offload) pinjaman yang terkait dengan tol. "Jika eksekusinya baik, begitu juga dengan outlook jangka panjangnya," imbuh dia.

Saat ini Mirae Asset Sekuritas merekomendasikan hold saham WSKT dengan target harga Rp 875. Rekomendasi hold tersebut lantaran pihaknya masih wait and see terkait progres divestasi tol WSKT. Jumat (16/7), harga saham WSKT ditutup pada Rp 865 per saham.

Baca Juga: Waskita Karya (WSKT) raih kontrak anyar senilai Rp 225 miliar

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Rahasia Banjir Order dari Digital Marketing Sukses Berkomunikasi: Mempengaruhi Orang Lain Batch 3

[X]
×