kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Wall Street: S&P 500, Dow Ditutup Terkoreksi Setelah Laporan Pendapatan Bank


Jumat, 15 Juli 2022 / 05:40 WIB
Wall Street: S&P 500, Dow Ditutup Terkoreksi Setelah Laporan Pendapatan Bank
ILUSTRASI. Traders work on the floor of the New York Stock Exchange (NYSE) in New York City, U.S., July 11, 2022. REUTERS/Brendan McDermid


Sumber: Reuters | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Indeks acuan S&P 500 memangkas kerugian awal menjadi ditutup sedikit lebih rendah pada hari Kamis (14/5). Setelah investor mencerna hasil kuartalan yang mengecewakan dari dua bank besar Amerika Serikat (AS) dan data inflasi yang lebih panas dari perkiraan.

Dow Jones Industrial Average turun 142,62 poin atau 0,46% menjadi 30.630,17, S&P 500 kehilangan 11,4 poin atau 0,30% pada 3.790,38, dan Nasdaq Composite bertambah 3,60 poin atau 0,03% pada 11.251,19.

Delapan dari 11 sektor utama S&P 500 mengakhiri hari di wilayah negatif, dengan sektor keuangan menderita persentase kerugian terbesar, turun 1,9%.

Awalnya, ketiga indeks saham acuan AS turun tajam setelah laporan pendapatan kuartal kedua dari JPMorgan Chase & Co dan Morgan Stanley. Keduanya melaporkan laba merosot dan memperingatkan perlambatan ekonomi yang akan datang.

Baca Juga: Wall Street Tumbang Setelah Emiten Bank Melaporkan Penurunan Kinerja Kuartalan

Kerugian menyempit saat sesi berlanjut, dengan kenaikan saham microchip membantu mendorong Nasdaq Composite ke kenaikan nominal.

"Ada tanggapan irasional terhadap hasil JPMorgan dan Morgan Stanley," kata Jay Hatfield, kepala eksekutif dan manajer portofolio di InfraCap di New York. "Tidak mengherankan bahwa perbankan investasi lemah."

"JPMorgan memperingatkan bahwa ada ketidakpastian di pasar, tetapi jika Anda hidup dan bernafas, Anda tahu ada ketidakpastian di pasar."

CEO JPMorgan Jamie Dimon memberikan catatan yang hati-hati tentang ekonomi global. Sementara unit perbankan investasi Morgan Stanley berjuang untuk mengatasi kemerosotan dalam pembuatan kesepakatan global.

Saham JPMorgan Chase dan Morgan Stanley masing-masing turun 3,5% dan 0,4%, sedangkan indeks S&P Banks turun 2,4%.

Kekhawatiran perlambatan diperburuk karena laporan Indeks Harga Produsen dari Departemen Tenaga Kerja menggemakan data Indeks Harga Konsumen pada Rabu, menunjukkan inflasi yang lebih panas dari perkiraan pada bulan Juni.

Aksi jual mulai mereda setelah Gubernur The Fed Christopher Waller mengatakan, dia mendukung kenaikan suku bunga 75 basis poin lagi pada Juli, meredakan kegelisahan atas kenaikan 100 basis poin yang bahkan lebih besar.

"The Fed akan menaikkan suku bunga sebesar 75 tetapi seharusnya tidak," kata Hatfield. "The Fed telah melakukan banyak hal untuk mengurangi inflasi tetapi mereka tidak akan menyadarinya sampai mereka melihatnya di kaca spion."

"Hal yang perlu diingat tentang The Fed adalah seolah-olah mandat ketiga mereka adalah berada di belakang kurva," tambah Hatfield.

Pada hari Rabu, kemungkinan kenaikan yang lebih besar tumbuh setelah laporan CPI, mengingat niat bank sentral untuk secara agresif mengatasi inflasi yang tinggi selama beberapa dekade - sebuah prospek yang meningkatkan kemungkinan kontraksi ekonomi.

"Akan ada resesi tetapi yang ringan," Oliver Pursche, senior vice president Wealthspire Advisors, di New York.

Baca Juga: Sentimen Ini Diprediksi Membayangi Pergerakan IHSG pada Semester II 2022

"Komponen kuncinya adalah kekuatan yang berkelanjutan di pasar tenaga kerja. Mengingat posisi kita dalam gambaran ketenagakerjaan, itu bukan ancaman langsung."

Inflasi inti, yang menghapus harga makanan dan energi, terus mereda dari puncak Maret, meskipun tetap jauh di atas target rata-rata tahunan 2% bank sentral.

Dengan musim pendapatan resmi berlangsung, analis memperkirakan agregat pertumbuhan laba kuartal kedua tahun-ke-tahun S&P 500 sebesar 5,1%, jauh lebih rendah dari perkiraan 6,8% pada awal kuartal, menurut Refinitiv.

Saham Taiwan Semiconductor Manufacturing yang terdaftar di AS naik 2,9% mengikuti panduan pendapatan optimis pembuat chip.

Saham Conagra Brands jatuh 7,2% setelah mengeluarkan perkiraan pendapatan tahunan yang berada di bawah perkiraan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×