kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Wall Street: Saham teknologi mengangkat Nasdaq, nada hawkish The Fed membatasi S&P


Jumat, 18 Juni 2021 / 05:49 WIB
Wall Street: Saham teknologi mengangkat Nasdaq, nada hawkish The Fed membatasi S&P
ILUSTRASI. Wall Street


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Wall Street berakhir variasi pada perdagangan Kamis (17/6). Keyakinan pada kekuatan pemulihan ekonomi mendorong investor ke saham teknologi AS, mengangkat indeks Nasdaq lebih tinggi.

Melansir Reuters, Dow Jones Industrial Average turun 210,22 poin atau 0,62% menjadi 33.823,45, S&P 500 kehilangan 1,84 poin atau 0,04% menjadi 4.221,86, dan Nasdaq Composite naik 121,67 poin atau 0,87% menjadi 14.161,35.

Saham bank yang sensitif terhadap suku bunga merosot 4,3% karena imbal hasil US Treasury yang berjangka lebih panjang turun.

Baca Juga: Wall Street mencerna keputusan The Fed, Nasdaq menguat

Penurunan marjinal adalah penyelesaian negatif ketiga S&P berturut-turut, sementara Dow - dengan penurunan yang lebih jelas - membukukan penutupan lebih rendah keempat berturut-turut.

Masih banyak investor mencerna pesan hawkish Federal Reserve yang tak terduga tentang kebijakan moneter dari hari sebelumnya, memproyeksikan kenaikan suku bunga pasca-pandemi pertama pada tahun 2023.

Petinggi The Fed mengutip prospek ekonomi yang membaik karena ekonomi AS pulih dengan cepat dari pandemi, dengan pertumbuhan keseluruhan diperkirakan mencapai 7% tahun ini.

"Saya pikir ada skenario yang dipikirkan orang bahwa The Fed akan membiarkan inflasi yang lebih besar dan lebih lama dan saya pikir dengan peningkatan dot plot kemarin ... orang memikirkan kembali skenario itu," kata David Lefkowitz, kepala ekuitas di UBS Global Wealth Management.

Saham teknologi, yang umumnya berkinerja lebih baik ketika suku bunga rendah, mendorong reli di Wall Street tahun lalu karena investor berbondong-bondong ke saham yang dianggap relatif aman selama masa gejolak ekonomi.

Baca Juga: IHSG diprediksi masih bergerak sideways pada Jumat (17/6)

Investor kembali ke posisi seperti itu pada hari Kamis. Saham produsen chip Nvidia Corp melonjak 4,8%, membukukan rekor penutupan keempat berturut-turut, setelah Jefferies menaikkan target harga sahamnya.

Sementara itu, saham Apple Inc, Microsoft Corp, Amazon.com Inc dan Facebook Inc terlepas dari penurunan premarket, naik antara 1,3% dan 2,2%. Investor bertaruh bahwa rebound ekonomi yang stabil akan meningkatkan permintaan untuk produk mereka dalam jangka panjang.

Nasdaq berakhir 13 poin dari rekornya pada hari Senin, tetapi itu masih merupakan penutupan tertinggi kedua indeks yang pernah ada.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×