kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Wall Street rebound tipis, Nasdaq masih merosot 4,59% sepekan terakhir


Jumat, 26 Februari 2021 / 22:00 WIB
Wall Street rebound tipis, Nasdaq masih merosot 4,59% sepekan terakhir
ILUSTRASI. Wall Street rebound tipis, Nasdaq masih merosot 4,59% sepekan terakhir


Reporter: Wahyu Tri Rahmawati | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Wall Street masih tertekan pada perdagangan terakhir bulan Februari. Saham-saham sektor teknologi rebound, tapi sentimen masih rapuh di tengah kenaikan yield surat utang Amerika Serikat (AS) US Treasury.

Pada Jumat (26/2) pukul 21.50 WIB, Dow Jones Industrial Average turun 0,23% ke 31.330. Indeks S&P 500 menguat 0,43% ke 3.845. Sedangkan Nasdaq Composite menguat 0,94% ke 13.241.

Meski mulai rebound, Nasdaq masih mencatat penurunan 4,59% dalam sepekan terakhir. Pada periode yang sama, S&P 500 turun 1,68% dan Dow Jones melemah 0,54% dalam lima hari perdagangan.

Saham Apple Inc, Amazon.com Inc, Microsoft Corp, dan Alphabet Inc naik tipis dalam perdagangan pra-pasar. Tetapi saham-saham ini menuju minggu terburuk dalam beberapa bulan.

Baca Juga: Saham-saham ini naik signifikan, investor perlu hati-hati

Imbal hasil Treasury AS 10-tahun turun menjadi 1,478% setelah melonjak 1,614% kemarin dan mengguncang pasar saham. Indeks yang mengukur volatilitas Wall Street melayang di level tertinggi satu bulan.

"Jika suku bunga terus bergerak secepat itu, pasar tidak akan menyukainya," kata Eric Diton, Presiden dan Direktur Pelaksana The Wealth Alliance di New York.

Diton menambahkan bahwa tidak melihat alasan untuk panik di luar sana. "Ini hanyalah pelemahan normal yang terlambat," kata dia.

Baca Juga: IHSG sepekan menguat 0,16% terdorong stimulus pajak kendaraan & uang muka KPR 0%

Nasdaq pada hari Kamis mencatat penurunan persentase harian terburuk sejak Oktober. Wall Street tertekan setelah kenaikan tajam dalam imbal hasil Treasury AS memicu aksi jual di beberapa saham teknologi mega-cap.

Saham teknologi sangat sensitif terhadap kenaikan imbal hasil karena nilainya sangat bergantung pada pendapatan masa depan.

Dow Jones bersiap menyambut bulan terbaiknya sejak November 2020 karena investor membeli perusahaan siklikal yang akan diuntungkan dari aktivitas ekonomi yang pulih. Sementara Nasdaq yang sarat teknologi tetap berada di jalur penurunan bulanan.

Dari sisi makroekonomi, data konsumsi personal AS, yang mencakup salah satu ukuran inflasi yang disukai Federal Reserve, menunjukkan inflasi inti naik menjadi 0,3% bulan lalu dari 0,2% pada Desember.

Baca Juga: Kenaikan yield US Treasury memicu pelemahan kurs rupiah hingga 1,21% sepekan terakhir

Stimulus akan kembali menjadi fokus karena DPR AS yang dikendalikan Demokrat bertujuan untuk mengesahkan tagihan bantuan virus corona senilai US$ 1,9 triliun dari Presiden Joe Biden pada hari Jumat. Ini akan menjadi kemenangan legislatif besar pertama dalam kepresidenan Biden.

Harga saham Bank AS Citigroup Inc, Bank of America Corp, JPMorgan Chase & Co dan Goldman Sachs turun sekitar 1%. Sementara harga saham perusahaan energi Chevron Corp, Exxon Mobil Corp masing-masing turun sekitar 2% karena harga minyak merosot.

GameStop Corp melonjak 11% karena investor ritel mendorong saham dalam reli baru yang bisa menghasilkan kenaikan mingguan tertinggi kedua.

Baca Juga: IHSG melemah 0,76% ke 6.241 pada Jumat (26/2), asing catat net sell Rp 95,07 miliar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×