kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Wall Street: Nasdaq dan S&P 500 Ditutup Turun, Kekhawatiran Suku Bunga Membayangi


Jumat, 12 Agustus 2022 / 05:57 WIB
Wall Street: Nasdaq dan S&P 500 Ditutup Turun, Kekhawatiran Suku Bunga Membayangi
ILUSTRASI. Wall Street


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Nasdaq dan S&P 500 mundur untuk ditutup lebih rendah pada hari Kamis (11/8), di tengah realisasi Federal Reserve yang masih perlu secara agresif meningkatkan suku bunganya. Tujuannya untuk sepenuhnya menjinakkan kenaikan harga konsumen meskipun ada bukti baru dari pendinginan inflasi.

Melansir Reuters, Dow Jones Industrial Average naik 27,16 poin atau 0,08% menjadi 33.336,67, S&P 500 turun 2,97 poin atau 0,07% menjadi 4.207,27, dan Nasdaq Composite turun 74,89 poin atau 0,58% menjadi 12.779,91.

S&P 500 ditutup sedikit lebih rendah setelah sebelumnya mencapai tertinggi baru tiga bulan menyusul data yang menunjukkan indeks harga produsen (PPI) AS secara tak terduga turun pada bulan Juli.

Penurunan PPI meningkatkan taruhan di pasar berjangka bahwa The Fed akan menaikkan suku bunga sebesar 50 basis poin pada bulan September, bukannya 75 basis poin seperti yang diharapkan pada awal minggu.

Baca Juga: Kekhawatiran Mereda, Wall Street Menguat pada Awal Perdagangan Hari Ini

S&P 500 dan Nasdaq melonjak lebih dari 2% pada hari Rabu setelah rilis data harga konsumen yang lebih lemah dari perkiraan. Tetapi para pembuat kebijakan telah meninggalkan sedikit keraguan bahwa mereka akan memperketat kebijakan moneter sampai tekanan inflasi benar-benar mereda.

Dengan pasar tenaga kerja menunjukkan tanda-tanda pelemahan karena jumlah orang Amerika yang mengajukan klaim baru untuk tunjangan pengangguran naik untuk minggu kedua berturut-turut, Nasdaq berbalik lebih rendah karena investor mempertanyakan kekuatan ekonomi.

"Ini adalah hasil CPI yang lebih baik kemarin dari yang diharapkan dan hasil PPI yang lebih baik pagi ini dari yang diperkirakan oleh para analis. Jadi sesuai dengan tema itu, bahwa puncak inflasi telah terjadi karena energi terus menurun," kata George Catrambone, head of Americas trading di DWS Group.

Enam dari 11 sektor utama S&P 500 turun, dengan perawatan kesehatan memimpin. Energi naik 3,2% untuk memimpin gainers dan membantu nilai saham naik 0,4% karena saham pertumbuhan turun 0,5%.

Bank memperpanjang reli mereka dengan Goldman Sachs dan JPMorgan Chase & Co masing-masing naik 1,1% dan 1,5%.

Imbal hasil US Treasury AS mencapai level tertinggi lebih dari dua minggu karena investor obligasi bertaruh Fed akan melanjutkan kenaikan suku bunga karena inflasi masih panas, meskipun tekanan harga telah sedikit mereda.

Saham dengan pertumbuhan tinggi yang telah reli pada hari Rabu jatuh, Tesla Inc turun 2,6% dan Amazon.com Inc turun 1,5%.

Meskipun baru-baru ini melambung dari posisi terendah pertengahan Juni, Nasdaq yang padat teknologi turun sekitar 18% sepanjang tahun ini karena kekhawatiran kebijakan moneter yang agresif telah melemahkan selera untuk ekuitas, terutama saham dengan pertumbuhan tinggi.

Baca Juga: IHSG Berpotensi Menguji Level 7.200 Pada Jumat (12/8)

Bank sentral AS telah menaikkan suku bunga kebijakannya sebesar 225 basis poin sejak Maret karena berjuang untuk mendinginkan permintaan tanpa memicu kenaikan tajam dalam PHK.

Dalam berita yang didorong oleh pendapatan, Walt Disney melonjak 4,7% karena raksasa media itu melampaui saingannya Netflix Inc dengan 221 juta pelanggan streaming dan mengumumkan akan menaikkan harga untuk pelanggan yang ingin menonton Disney+ atau Hulu tanpa iklan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×