kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Wall Street naik menyambut musim laporan keuangan kuartal ketiga


Rabu, 16 Oktober 2019 / 06:04 WIB
Wall Street naik menyambut musim laporan keuangan kuartal ketiga
ILUSTRASI. Traders work on the floor at the New York Stock Exchange (NYSE) in New York, U.S., October 9, 2019. REUTERS/Brendan McDermid


Reporter: Wahyu Tri Rahmawati | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Wall street menguat pada perdagangan Selasa seiring dimulainya musim rilis laporan keuangan kuartal ketiga. Tiga indeks utama Wall Street naik dengan indeks S&P 500 dan Nasdaq mencapai level penutupan tertinggi dalam hampir tiga pekan terakhir.

Selasa (15/10), Nasdaq melonjak 1,24% ke 8.148,71. Indeks S&P 500 naik 1% ke 2.995,68. Sedangkan Dow Jones Industrial Average naik 0,89% ke 27.024,80.

"Laba positif mengalir ke pasar saham pada perdagangan Selasa, menunjukkan bahwa kondisi tidak seburuk prediksi investor," kata Charlie Ripley, senior market strategist Allianz Investment Management kepada Reuters.

Ripleh menambahkan bahwa pasar saham didorong oleh headline berita dalam beberapa bulan terakhir. "Tapi, ada kemajuan yang terjadi belakangan yang memungkinkan investor untuk mengalihkan fokus lebih ke fundamental seperti laba dan data ekonomi selanjutnya," kata dia.

Baca Juga: Ekonomi China kian lesu, pemerintah pusat minta pemda bekerja lebih serius

Selain perkembangan geopolitik yang membaik, investor juga menyambut kabar terbaru bahwa Inggris dan Uni Eropa bisa mencapai kesepakatan tepat waktu menjelang konferensi tingkat tinggi pekan ini.

Perusahaan-perusahaan finansial besar seperti JPMorgan Chase & Co, Citigroup Inc, Goldman Sachs Group Inc, dan Wells Fargo & Co mencatat kinerja positif. Begitu juga dengan perusahaan seperti Johnson & Johnson serta UnitedHealth Group Inc.

Dari seluruh emiten finansial, saham JPMorgan Chase mencatat rekor tertinggi setelah mencatat kinerja apik pada trading obligasi dan bisnis underwriting. Harga saham perusahaan ini naik 3%. Harga saham Citigroup pun naik 1,4% setelah melaporkan laba yang lebih tinggi daripada prediksi.

Sementara kinerja Wells Fargo tertekan. Laba emiten ini merosot 26% akibat pendapatan KPR yang turun serta biaya legal. Laba Goldman Sachs pun meleset dari target karena bisnis underwriting yang melemah. Tapi, saham Wells Fargo masih naik 1,7% dan Goldman naik tipis 0,3%.

Baca Juga: Wall Street berseri, terdorong sentimen rilis laporan keuangan emiten yang cemerlang

Analis memperkirakan, laba emiten penghuni S&P 500 kuartal ketiga akan turun 3% jika dibandingkan dengan kuartal ketiga tahun lalu. Dari 34 emiten yang telah melaporkan kinerja, 88,2% mencatat laba yang lebih tinggi daripada konsensus.

Harga saham Blackrock Inc pun naik 2,4% setelah perusahaan pengelola aset ini mencatat kinerja gemilang. Harga saham Roku Inc melejit 11,5% setelah perusahaan ini mengumumkan bahwa aplikasi Apple TV tersedia dalam platformnya dan Apple TV+ akan tersedia setelah diluncurkan.

Harga saham Bank of America naik 2% setelah Bloomberg melaporkan bahwa Berkshire Hathaway tengah memproses izin dari Federal Reserve untuk menambah kepemilikan di bank ini menjadi lebih dari 10%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×