kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45725,83   16,46   2.32%
  • EMAS913.000 0,55%
  • RD.SAHAM 0.53%
  • RD.CAMPURAN -0.19%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.21%

Wall Street naik di tengah pulihnya harga minyak dan data klaim pengangguran AS


Kamis, 02 April 2020 / 22:06 WIB
Wall Street naik di tengah pulihnya harga minyak dan data klaim pengangguran AS
ILUSTRASI. The floor of the New York Stock Exchange (NYSE) stands empty as the building prepares to close indefinitely due to the coronavirus disease (COVID-19) outbreak in New York, U.S., March 20, 2020. REUTERS/Lucas Jackson

Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Wall Street rebound pada perdagangan Kamis (2/4). Pulihnya harga minyak melampaui kejutan data klaim pengangguran mingguan yang melonjak melewati 6 juta.

Melansir Reuters, pukul 10:13 pagi waktu setempat, Dow Jones Industrial Average naik 81,95 poin atau 0,39% pada 21.025,46, sedangkan S&P 500 naik 17,83 poin, atau 0,72% pada 2.488,33.

Sedangkan indeks Nasdaq Composite naik 41,58 poin, atau 0,56%, pada 7.402.16.

Baca Juga: Bank besar di AS menolak ikut program pemerintah untuk selamatkan bisnis usaha kecil

Departemen Tenaga Kerja Amerika Serikat, Kamis (2/4) melaporkan jumlah orang Amerika Serikat (AS) yang mengajukan klaim pekan lalu atas tunjangan pengangguran melonjak ke rekor baru yakni sebanyak  6,65 juta.

Departemen Tenaga Kerja AS mengatakan  kenaikan klaim tunjangan atau asuransi pengangguran terpicu dampak pandemi corona (covid-19). Ini merupakan imbas dari  pasar tenaga kerja AS yang kian suram.

Lonjakan kenaikan ini terbilang luar biasa, mengingat klaim tunjangan pengangguran AS minggu sebelumnya sebanyak 3,28 juta.

"Pasar tenaga kerja AS tidak pernah mengalami gangguan seperti itu," kata Mike Loewengart, direktur pelaksana analis di E*TRADE Financial.

"Sebagian besar kemungkinan akan mengatakan Amerika Serikat sedang duduk dalam resesi sekarang, tetapi pertanyaan sebenarnya adalah berapa lama dan sampai sejauh mana."

Baca Juga: Klaim pengangguran AS melompat ke rekor baru tertinggi

Tapi, Dow Jones dan S&P 500, terangkat oleh lonjakan harga minyak karena Arab Saudi dan Rusia mengisyaratkan mereka siap bekerja sama untuk membantu menstabilkan pasar.

Indeks energi, yang telah kehilangan setengah nilainya tahun ini sebagian karena perang harga, melonjak 13% dengan saham Exxon Mobil Corp dan Chevron Corp membukukan kenaikan terbesar di antara komponen Dow.

Tetapi analis memperkirakan penurunan lebih lanjut untuk pasar ekuitas AS karena lebih banyak perusahaan mengumumkan pengurangan produksi dan menarik perkiraan keuangan menjelang musim pendapatan.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×