kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.326.000 1,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Wall Street Menguat, The Fed Memicu Harapan Penurunan Suku Bunga Tahun Ini


Kamis, 07 Maret 2024 / 05:35 WIB
Wall Street Menguat, The Fed Memicu Harapan Penurunan Suku Bunga Tahun Ini
ILUSTRASI. Tiga indeks utama Wall Street menguat pada hari Rabu (6/3).


Reporter: Wahyu Tri Rahmawati | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tiga indeks utama Wall Street menguat pada hari Rabu. Data ekonomi dan komentar dari Ketua Federal Reserve Jerome Powell memperkuat ekspektasi bahwa bank sentral Amerika Serikat (AS) akan menurunkan suku bunga acuannya tahun ini.

Rabu (6/3), Dow Jones Industrial Average naik 75,86 poin atau 0,20% menjadi 38.661,05. Indeks S&P 500 naik 26,11 poin atau 0,51% ke 5.104,76. Nasdaq Composite bertambah 91,96 poin atau 0,58% menjadi 16.031,54.

Powell semalam mengatakan bahwa dia memperkirakan The Fed akan menurunkan suku bunganya dan perekonomian AS masih belum mendekati resesi. Tetapi dia ia enggan berkomitmen terhadap jadwal pelonggaran suku bunga karena kemajuan dalam inflasi tidak terjamin.

Dalam sambutannya menjelang kesaksiannya di kongres, Powell mengatakan inflasi telah menurun secara substansial sejak mencapai level tertinggi dalam 40 tahun pada tahun 2022. Tetapi para pengambil kebijakan masih membutuhkan kepercayaan yang lebih besar terhadap penurunan tersebut sebelum dilakukan penurunan suku bunga.

"Dia yakin bahwa The Fed memang memperkirakan penurunan suku bunga akan terjadi tahun ini. Itu adalah hal yang perlu didengar oleh pasar. Apakah hal ini ditulis dalam istilah yang ambigu? Ya, tapi secara keseluruhan pesannya jelas," kata Quincy Krosby, kepala strategi global LPL. Keuangan kepada Reuters.

 Baca Juga: IHSG Ditutup Menguat 1,14% Pada Rabu (6/3), Simak Proyeksi IHSG Kamis (7/3)

Bersamaan dengan kesaksian Powell, Mark Luschini, kepala strategi investasi di Janney Montgomery Scott di Philadelphia mengatakan, data ekonomi yang dirilis pada hari Rabu juga meningkatkan harapan penurunan suku bunga dan kepercayaan terhadap pasar tenaga kerja. Data menunjukkan, gaji swasta AS meningkat sedikit lebih rendah dari perkiraan pada bulan Februari.

Survei Pembukaan Pekerjaan dan Perputaran Tenaga Kerja (JOLTS) menunjukkan lowongan pekerjaan turun sedikit di bulan Januari. Sementara perekrutan menurun karena kondisi pasar tenaga kerja terus mereda secara bertahap.

“Jumlah lowongan pekerjaan sedikit menyusut, tetapi masih cukup sehat dan mengindikasikan pasar tenaga kerja masih terlihat cukup kuat,” kata Luschini. “Ini sesuai dengan narasi Goldilocks yang telah menjadi konsensus,” imbuh dia.

Laporan nonfarm payrolls bulan Februari yang akan dirilis pada hari Jumat diharapkan dapat memberikan kejelasan lebih lanjut mengenai keadaan pasar tenaga kerja.

Indeks Wall Street melorot lebih dari 1% pada hari Selasa karena melemahnya saham-saham megacap. Selain itu,investor dengan cemas menunggu komentar Powell.

Baca Juga: Wall Street Dibuka Naik Setelah Pernyataan Ketua The Fed Powell, Rabu (6/3)

Sembilan dari 11 sektor industri utama S&P 500 berakhir di zona hijau pada hari Rabu. Sektor utilitas yang sensitif terhadap suku bunga, naik hampir 1%, dan teknologi informasi, yang naik 0,9%. Sektor consumer discretionary mencatat pelemahan terbesar, turun 0,4%.

Perusahaan-perusahaan chip mengungguli pasar yang lebih luas setelah berkinerja buruk pada hari Selasa. Indeks semikonduktor Philadelphia menguat 2,4% ke rekor penutupan tertinggi untuk keempat kalinya dalam lima hari terakhir.

Memberikan tekanan pada indeks konsumen, harga saham Tesla turun 2,3%, melemah untuk hari ketiga berturut-turut. Analis Morgan Stanley menurunkan target harga saham Tesla. 

Morgan Stanley mengatakan bahwa permintaan kendaraan listrik terus melemah di pasar-pasar utama termasuk Tiongkok meskipun ada penurunan harga yang besar. Seorang analis Baird juga mengatakan pendapatan kuartal pertama Telsa berada dalam risiko, menunjukkan perkiraan pengiriman masih perlu diturunkan.

Saham JD.com Tiongkok yang terdaftar di AS naik 16,2% setelah grup e-commerce tersebut melaporkan pendapatan kuartal keempat di atas perkiraan dan memperluas program pembelian kembali sahamnya.

Saham perusahaan yang terkait dengan cryptocurrency menguat, termasuk kenaikan 10% untuk Coinbase Global dan kenaikan 18,6% dari MicroStrategy.

Saham CrowdStrike Holdings melonjak 10,8% setelah memperkirakan kinerja tahunan di atas perkiraan Wall Street, didorong oleh belanja perusahaan yang kuat pada keamanan siber untuk melawan meningkatnya ancaman online. Namun, saingannya Palo Alto turun 4%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×