kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45912,42   -14,31   -1.54%
  • EMAS1.327.000 1,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Wall Street Menguat, Laporan Keuangan Nike Menyokong Kenaikan Pasar Saham AS


Rabu, 21 Desember 2022 / 21:40 WIB
Wall Street Menguat, Laporan Keuangan Nike Menyokong Kenaikan Pasar Saham AS
ILUSTRASI. Tiga indeks utama Wall Street dibuka lebih tinggi pada hari Rabu.


Reporter: Wahyu Tri Rahmawati | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tiga indeks utama Wall Street dibuka lebih tinggi pada hari Rabu karena Nike membawa keceriaan ke pasar dengan kinerja keuangan yang lebih baik dari perkiraan. Sementara investor menunggu lebih banyak data ekonomi sebagai petunjuk jalur kenaikan suku bunga di masa depan.

Rabu (21/12) pukul 21.30 WIB, Dow Jones Industrial Average menguat 0,94% ke 33.157. Indeks S&P 500 menguat 0,70% ke 3.848. Sedangkan Nasdaq Composite menanjak 0,53% ke 10.603.

Harga saham Nike Inc melonjak 11,7% dalam perdagangan premarket setelah melaporkan pertumbuhan pendapatan kuartalan terbaiknya dalam lebih dari satu dekade kecuali satu kuartal. Laba Nike mengalahkan ekspektasi karena permintaan liburan yang kuat dari pembeli di Amerika Utara.

Harga saham perusahaan-perusahaan sejenis seperti Lululemon Athletica Inc, Under Armour Inc dan pembuat sepatu Vans VF Corp naik antara 2,4% dan 4,6%.

Baca Juga: BEI Proyeksikan Pasar Modal Masih Akan Ramai di 2023

Harga saham FedEx Corp, yang memicu aksi jual pasar pada bulan September dengan menarik perkiraan keuangan, naik 5,1%, di tengah rencana pemangkasan biaya tambahan US$ 1 miliar.

"Kebanyakan orang berpikir kita sedang menuju resesi, tetapi ketika pendapatan seperti Nike dan FedEx kuat, maka tiba-tiba itu bisa membuka jalan bagi harga saham yang lebih tinggi tahun depan," kata Adam Sarhan, kepala eksekutif di 50 Park Investments di New York kepada Reuters.

Sarhan memperingatkan bahwa kondisi yang mendasarinya tetap sangat lemah. Dia pun menyebut, kenaikan pasar saham hanya sedikit pemantulan musiman hingga akhir tahun.

Indeks utama Wall Street ditutup sedikit lebih tinggi pada hari Selasa, menyusul penurunan awal karena kenaikan imbal hasil US Treasury setelah perubahan kebijakan moneter Bank of Japan yang mengejutkan.

Baca Juga: Begini Prospek dan Peluang Pasar Modal di 2023

Kekhawatiran resesi menyusul kenaikan suku bunga berkepanjangan bank sentral AS telah sangat membebani pasar saham sejak pertemuan kebijakannya pekan lalu meskipun ada tanda-tanda penurunan inflasi.

Namun, benchmark S&P 500 dan Dow Jones Industrial Average berada di jalur untuk kenaikan kuartalan pertama mereka tahun ini. S&P dan Dow Jones masing-masing naik 6,6% dan 14,4% di kuartal terakhir tahun ini, ditopang pendapatan yang optimistis.

Survei keyakinan konsumen bulan Desember yang dijadwalkan rilis pukul 10 waktu setempat diharapkan menunjukkan peningkatan tipis. Sementara penjualan rumah ready stock diperkirakan turun 5,4% di bulan November, lebih rendah dari penurunan 5,9% bulan lalu.

Data lain yang diharapkan sepanjang pekan ini adalah inflasi inti dan pasar tenaga kerja AS. Kedua data kemungkinan akan menentukan arah kenaikan suku bunga oleh Fed di masa depan.

Harga saham Tesla Inc bertahan naik 1,9%, menyusul laporan bahwa produsen kendaraan listrik ini berencana untuk memangkas pekerjaan dan membekukan perekrutan. Saham Tesla sebelumnya menguat karena rencana Elon Musk untuk mundur sebagai CEO Twitter begitu dia menemukan penggantinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×