kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Wall Street Menguat, Investor Fokus Menanti Rilis Data Inflasi AS


Senin, 12 September 2022 / 21:01 WIB
Wall Street Menguat, Investor Fokus Menanti Rilis Data Inflasi AS


Sumber: Reuters | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Wall Street dibuka menguat pada awal perdagangan Senin (12/9). Investor mulai bersiap untuk mencermati data inflasi pekan ini yang akan menentukan laju kenaikan suku bunga Federal Reserve.

Mengutip Reuters, pada bel pembukaan perdagangan, indeks Dow Jones Industrial Average naik 7,78 poin, atau 0,02%, ke level 32.159,49, S&P 500 dibuka lebih tinggi sebesar 16,31 poin, atau 0,40%, ke level 4.083,67, sedangkan Nasdaq Composite naik 62,63 poin, atau 0,52%, ke level 12.174,94.

Tiga indeks saham utama AS menghentikan penurunan beruntun tiga minggu pada hari Jumat, karena investor mengambil keuntungan dari penurunan tajam harga saham yang dipicu oleh kekhawatiran atas melonjaknya inflasi dan dampak kebijakan moneter yang lebih ketat untuk mengekangnya.

Baca Juga: Investor Lakukan Aksi Beli, Wall Street Akhirnya Menghijau dalam Sepekan

Semua mata tertuju pada data inflasi pada hari Selasa untuk mencari tanda-tanda bahwa tekanan harga mungkin mereda. Inflasi utama diperkirakan akan meningkat pada kecepatan 8,1% sepanjang tahun di bulan Agustus, dibandingkan dengan 8,5% di bulan Juli.

Inflasi inti, yang menghilangkan faktor volatil seperti energi dan makanan, diperkirakan akan meningkat menjadi 6,1% dari 5,9% di bulan sebelumnya. Penurunan harga komoditas baru-baru ini, terutama minyak, telah meningkatkan harapan bahwa tekanan harga terburuk telah berakhir.

Angka inflasi yang lemah mungkin menghidupkan kembali spekulasi The Fed hanya akan menaikkan 50 basis poin bulan ini, meskipun kemungkinan harus sangat lemah untuk memiliki dampak nyata pada sikap hawkish yang diambil oleh sebagian besar pembuat kebijakan baru-baru ini.

Pasar uang memperkirakan peluang 89% dari kenaikan suku bunga 75 basis poin ketiga kali berturut-turut oleh bank sentral AS pada 21 September.

"Investor mengharapkan data CPI menunjukkan penurunan lanjutan dalam pembacaan inflasi, yang akan mendorong investor, karena pertemuan FOMC terjadi hanya seminggu kemudian," kata Sam Stovall, kepala strategi investasi di CFRA Research di New York.

Baca Juga: Wall Street Berakhir Lebih Tinggi, Kenaikan Didorong oleh Bank dan Kayanan Kesehatan

"Ekonom kami memperkirakan kenaikan 50 basis poin pada pertemuan September meskipun saya pikir peluang kenaikan 75 basis poin sama-sama mungkin."

Membantu sentimen, pasukan Ukraina menyapu lebih jauh melintasi wilayah yang direbut dari pasukan Rusia yang melarikan diri pada hari Senin, ketika Moskow bergulat dengan konsekuensi dari runtuhnya pasukan pendudukannya di timur laut Ukraina.

"Dengan Ukraina sekarang menempatkan Rusia pada pertahanan dan mengambil alih banyak wilayah yang telah hilang, itu mendorong investor global karena menyiratkan bahwa mungkin beberapa gencatan senjata akan terjadi lebih cepat daripada yang diantisipasi sebelumnya," tambah Stovall.

Saham Twitter Inc tergelincir 0,8% dalam perdagangan premarket setelah perusahaan media sosial tersebut mengatakan bahwa mereka tidak melanggar perjanjian apa pun untuk membayar pelapor, dan bahwa upaya Elon Musk untuk mengakhiri kesepakatannya senilai US$ 44 miliar tidak valid.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×