kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Wall Street Menguat di Perdagangan Terakhir Pekan Ini


Sabtu, 02 April 2022 / 05:41 WIB
Wall Street Menguat di Perdagangan Terakhir Pekan Ini
ILUSTRASI. Wall Street menguat jelang akhir pekan ditopang oleh laporan data ketenagakerjaan.


Reporter: Wahyu Tri Rahmawati | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Wall Street menguat di perdagangan terakhir pekan ini. Laporan pekerjaan bulanan menunjukkan pasar tenaga kerja yang kuat dan kemungkinan akan menjaga Federal Reserve di jalurnya untuk mempertahankan sikap kebijakan hawkishnya.

Jumat (1/4), Dow Jones Industrial Average naik 139,92 poin atau 0,4% menjadi 34.818,27. Indeks S&P 500 naik 15,45 poin atau 0,34% menjadi 4.545,86. Nasdaq Composite bertambah 40,98 poin atau 0,29% menjadi 14.261,50.

Laporan ketenagakerjaan Departemen Tenaga Kerja Amerika Serikat (AS) menunjukkan laju perekrutan yang cepat oleh pengusaha. Sementara upah pekerja terus naik meskipun tidak cukup untuk mengimbangi inflasi.

Baca Juga: Reksadana Saham Terbaik, Meski Belum Kalahkan IHSG

Pengusaha AS menambahkan 431.000 pekerjaan pada bulan Maret, lebih sedikit daripada perkiraan 490.000 tetapi masih menunjukkan kenaikan pekerjaan yang kuat. Tingkat pengangguran turun menjadi 3,6%, terendah baru dalam dua tahun sementara pendapatan rata-rata per jam naik 5,6% secara tahunan.

Laporan tersebut meningkatkan ekspektasi bahwa bank sentral kemungkinan akan menjadi lebih agresif dalam menaikkan suku bunga karena berusaha untuk mengekang inflasi karena kebijakan moneternya yang longgar.

"Jika data lain antara sekarang dan pertemuan Fed berikutnya tetap cerah, Fed kemungkinan akan merasa nyaman menaikkan suku bunga 50 basis poin dan mengumumkan ikhtisar agresif neraca," kata Brian Jacobsen, ahli strategi investasi senior di Allspring Global Investments di Menomonee Falls, Wisconsin kepada Reuters.

Baca Juga: IHSG Naik 1,08% dalam Sepekan, Simak Proyeksinya untuk Pekan Depan

Pada perdagangan terakhir pekan ini, sektor defensif seperti real estat, utilitas, dan kebutuhan pokok konsumen adalah sektor dengan kinerja terbaik dengan kenaikan masing-masing lebih dari 1%.

Sepekan ini, Dow Jones turun 0,1%. Sedangkan S&P naik tipis 0,1% dan Nasdaq naik 0,7%.

Ekspektasi untuk kenaikan suku bunga 50 basis poin pada pertemuan bank sentral Mei mencapai di 73,3%, menurut FedWatch Tool CME. Pada pertemuan Maret, The Fed menaikkan suku bunga sebesar 25 basis poin. Ini adalah kenaikan pertama sejak 2018. Sejumlah pejabat bank sentral telah mengindikasikan bahwa mereka siap untuk kenaikan suku bunga yang lebih besar.

Baca Juga: Pasar Saham Menguat di Awal April, IHSG Naik 0,10%

Presiden Federal Reserve Chicago Charles Evans mengatakan bahwa dia tidak melihat risiko besar dalam kenaikan suku bunga setengah poin untuk membawa biaya pinjaman ke netral lebih cepat selama tujuannya bukan untuk menaikkan suku lebih cepat dan lebih tinggi.

Data lain pada hari Jumat menunjukkan aktivitas manufaktur AS secara tak terduga melambat pada bulan Maret, meskipun tetap kuat di wilayah ekspansi. Rantai pasokan yang ketat terus memberikan tekanan pada harga barang baku.

Setelah laporan penggajian, imbal hasil US Treasury melonjak. Bagian kurva imbal hasil yang diawasi ketat antara surat utang US Treasury dua tahun dan 10-tahun terbalik untuk ketiga kalinya minggu ini. Kurva imbal hasil antara 2 tahun dan 10 tahun, dilihat oleh banyak orang sebagai indikator resesi yang andal.

Baca Juga: IHSG Menguat 0,10% ke 7.078 Pada Perdagangan Jumat (1/4), Asing Beli BBRI, BBCA, TLKM

S&P 500 menutup kuartal pertama pada hari Kamis dengan penurunan kuartalan terbesar sejak pandemi Covid-19 di AS mencapai puncaknya di tengah kekhawatiran tentang kenaikan harga, didorong lebih lanjut oleh perang di Ukraina, dan respons The Fed dapat memperlambat pertumbuhan ekonomi. . Namun, saham sedikit rebound di bulan Maret, karena indeks acuan naik 3,6%.

April cenderung menjadi bulan yang kuat untuk saham, dengan penurunan bulanan terakhir pada tahun 2012. Ryan Detrick, kepala strategi pasar di LPL Financial, mencatat bahwa April memiliki rata-rata kinerja terbaik dari semua bulan sejak 1950.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×