kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45905,74   -0,56   -0.06%
  • EMAS1.318.000 0,61%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Wall Street Menguat di Awal Pekan, Investor Menunggu Sinyal Lanjutan The Fed


Senin, 14 November 2022 / 21:17 WIB
Wall Street Menguat di Awal Pekan, Investor Menunggu Sinyal Lanjutan The Fed
ILUSTRASI. Indeks utama Wall Street menguat di awal perdagangan pekan ini.


Reporter: Wahyu Tri Rahmawati | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indeks utama Wall Street menguat di awal perdagangan pekan ini. Komentar hawkish dari pejabat Federal Reserve Amerika Serikat (AS) selama akhir pekan membuat harapan bank sentral mengurangi pendekatan kebijakan moneter agresif.

Anggota Dewan Gubernur Federal Reserve Christopher Waller kemarin mengatakan bahwa pasar sekarang harus memperhatikan titik akhir kenaikan suku bunga, bukan kecepatan setiap pergerakan. Dia menambahkan bahwa titik akhir kemungkinan masih jauh.

Komentar tersebut mengikuti laporan inflasi yang lebih lemah dari perkiraan pekan lalu., Penurunan indeks harga konsumen AS mendukung harapan bahwa tekanan harga mereda dan The Fed dapat mengurangi kenaikan suku bunga yang besar dan kuat.

Baca Juga: Bursa Asia Ditutup Bervariasi Pada Senin (14/11) Usai Rilis Data Inflasi AS

Data membantu mendorong reli pasar. S&P 500 mencatat kenaikan dengan persentase mingguan terbesar dalam sekitar lima bulan. Sementara Nasdaq yang padat teknologi mencatat minggu terbaiknya sejak Maret.

Dalam seminggu ke depan, fokus akan tertuju pada sejumlah data ekonomi termasuk angka penjualan ritel pada hari Rabu. Pasar saham juga akan mencermati pidato oleh beberapa pejabat Fed untuk petunjuk lebih lanjut tentang prospek suku bunga.

"Pasar mengharapkan Fed untuk melanjutkan retorika hawkish pada suku bunga," kata Peter Cardillo, kepala ekonom pasar di Spartan Capital Securities kepada Reuters.

"Itu semua bisa berubah begitu kita mendapatkan lebih banyak konfirmasi tentang inflasi di bulan Desember. Begitu Fed menaikkan suku bunga pada 50 (bps), ada kemungkinan bahwa mereka mungkin menunjukkan suku bunga yang lebih lambat."

Baca Juga: IHSG Berpotensi Melanjutkan Pelemahan Pada Selasa (15/11)

Para trader sekarang memperkirakan Fed untuk menaikkan suku bunga setengah poin pada bulan Desember dan mengharapkan tingkat suku bunga akhir periode kenaikan di kisaran 4,75%-5,0% tahun depan.

Saat imbal hasil Treasury AS naik tipis, saham-saham teknologi dan pertumbuhan seperti Meta Platforms Inc, Apple Inc, Amazon.com Inc tergelincir antara 0,7% dan 1,5% dalam perdagangan premarket.

Harga saham Tesla Inc turun 1,3% karena Chief Executive Elon Musk mengatakan bahwa dia memiliki terlalu banyak pekerjaan ketika ditanya tentang akuisisi Twitter baru-baru ini dan kepemimpinannya atas produsen kendaraan listrik.

Baca Juga: IHSG Melorot 0,98% Dengan Net Sell Asing Rp 1,03 Triliun Pada Senin (14/11)

Sementara itu, bitcoin dan mata uang kripto lainnya tetap berada di bawah tekanan, menyusul runtuhnya bursa kripto FTX minggu lalu.

Saham perusahaan China yang terdaftar di AS seperti Alibaba.com, JD.com dan Pinduoduo naik antara 2% dan 6% menyusul langkah-langkah dukungan Beijing untuk meningkatkan likuiditas di sektor properti dan pelonggaran beberapa aturan ketat Covid-19.

Pemimpin China Xi Jinping dan Presiden AS Joe Biden bertemu pada hari Senin untuk pembicaraan yang telah lama ditunggu-tunggu yang datang ketika hubungan antara negara mereka berada pada titik terendah dalam beberapa dekade, dirusak oleh ketidaksepakatan atas sejumlah masalah dari Taiwan hingga perdagangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×