kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Wall Street menghijau, Dow Jones menguat lebih 500 poin untuk hari terbaik sejak Juli


Kamis, 08 Oktober 2020 / 05:10 WIB
Wall Street menghijau, Dow Jones menguat lebih 500 poin untuk hari terbaik sejak Juli
ILUSTRASI. The New York Stock Exchange is pictured in the Manhattan borough of New York City, New York, U.S., October 2, 2020. REUTERS/Carlo Allegri


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Wall Street berakhir menguat tajam pada perdagangan Rabu (7/10). Pasar mendapatkan kembali harapan bahwa setidaknya kesepakatan parsial tentang lebih banyak stimulus fiskal Amerika Serikat (AS) dapat terjadi.

Melansir Reuters, Dow Jones Industrial Average naik 530,7 poin atau 1,91% menjadi 28.303,46. Itu merupakan kenaikan satu hari terbesar bagi Dow sejak pertengahan Juli. 

Indeks S&P 500 naik 58,5 poin atau 1,74% menjadi 3.419,45, dan Nasdaq Composite menambahkan 210,00 poin, atau 1,88% menjadi 11.364,60.

Dalam serangkaian tweet Selasa malam, Trump mendesak Kongres untuk menyetujui dukungan penggajian maskapai. Trump mengatakan bahwa uang dan bantuan untuk usaha kecil dapat dibayar dengan dana yang tidak terpakai dari stimulus sebelumnya. Trump juga mendorong putaran lain pemeriksaan stimulus US$ 1.200 untuk orang Amerika.

"Ini jelas bukan pertama kalinya kami melihat pasar bereaksi terhadap tweet Trump, dan mungkin ini bukan yang terakhir," kata Chris Larkin, direktur pelaksana produk perdagangan dan investasi di E-Trade dilansir dari CNBC.

Baca Juga: Wall Street menguat, pasar mengabaikan guncangan stimulus Trump

"Jungkat-jungkit yang telah kita lihat sejak penurunan kemarin hanyalah kasus dan titik untuk volatilitas yang mungkin kita hadapi saat mendekati pemilihan."

“Meski begitu, dengan seruan Presiden Trump untuk bantuan kepada maskapai penerbangan, area pasar yang jelas terpukul paling parah, pedagang mungkin mengincar peluang bullish di saham siklus yang bergantung pada pemulihan ekonomi yang lebih cepat — jika mereka bisa menahan rollercoaster,” tambah Larkin.

Saham United Airlines naik lebih dari 4%. Delta naik 3,5%. Saham maskapai penerbangan juga mendapat dorongan setelah analis JPMorgan meningkatkan beberapa perusahaan di industri.

Saham Boeing naik 3,2%. Operator kapal pesiar - kelompok lain yang akan mendapat keuntungan dari pembukaan kembali ekonomi - naik secara luas. Karnaval melonjak 5,3%. Norwegian Cruise Line naik 4,5% dan Royal Caribbean naik 2,8%.

"Saya pikir apa yang Presiden Trump katakan kemarin adalah bahwa kita terlalu jauh untuk sebuah RUU raksasa," kata penasihat ekonomi Gedung Putih Larry Kudlow kepada "Squawk Box" CNBC.

Sentimen pasar juga mendapat dorongan setelah Eli Lilly mengatakan sedang mencari izin FDA untuk obat antibodi virus korona. Saham Eli Lilly melonjak 3,4%.

Baca Juga: Bursa Asia naik tipis, melawan arah nasib stimulus Amerika Serikat

Sementara itu, dengan pemilihan presiden AS hanya beberapa minggu lagi, fokus mungkin beralih ke debat antara Wakil Presiden Mike Pence dan lawan Demokrat Kamala Harris.

Jajak pendapat Reuters / Ipsos yang dirilis pada hari Selasa menunjukkan kandidat presiden dari Partai Demokrat Joe Biden memperluas keunggulannya atas Trump di medan pertempuran Michigan dan kedua kandidat tersebut terkunci dalam pertarungan di North Carolina menjelang pemilihan 3 November.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×