kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45913,59   -9,90   -1.07%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Wall Street Melemah, Pesimisme Konsumen Memunculkan Kekhawatiran Resesi


Rabu, 29 Juni 2022 / 05:40 WIB
Wall Street Melemah, Pesimisme Konsumen Memunculkan Kekhawatiran Resesi


Sumber: Reuters | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Wall Street melemah tajam pada akhir perdagangan Selasa (28/6), dipicu oleh aksi jual yang luas karena data kepercayaan konsumen yang pesimistis. Hal ini mengurangi optimisme investor dan memicu kekhawatiran resesi.

Indeks Dow Jones Industrial Average turun 491,27 poin atau 1,56% ke 30.946,99, S&P 500 turun 78,56 poin atau 2,01% ke 3.821,55 dan Nasdaq Composite turun 343,01 poin atau 2,98% ke 11.181,54.

Indeks S&P dan Nasdaq masing-masing turun sekitar 2% dan 3%, dengan saham Apple Inc, Microsoft Corp dan Amazon.com mencatat pelemahan terdalam. Saham Blue-chip Dow merosot sekitar 1,6%.

Baca Juga: Wall Street: Dow dan S&P Terangkat Saham Bank, Data Kepercayaan Konsumen Membayangi

Sepuluh dari 11 sektor utama di S&P 500 mengakhiri sesi di wilayah negatif, dengan sektor konsumen mencatat persentase kerugian terbesar. Sektor Energi adalah satu-satunya yang selamat ke zona hijau, diuntungkan dari kenaikan harga minyak mentah.

Volume perdagangan saham di bursa AS mencapai 11,54 miliar saham dengan rata-rata 12,99 miliar saham dalam 20 hari perdagangan terakhir.

"Pasar baik-baik saja hari ini sampai data kepercayaan konsumen keluar," kata Peter Tuz, presiden Chase Investment Counsel di Charlottesville, Virginia seperti dikutip Reuters

"Itu (data kepercayaan konsumen) lemah dan pasar segera mulai menjual."

Ketiga indeks berada di jalur untuk mencatat dua penurunan kuartalan berturut-turut untuk pertama kalinya sejak 2015.

"Pada titik tertentu penjualan agresif ini akan menghilang tetapi sepertinya tidak akan terjadi dalam waktu dekat," kata Tim Ghriskey, ahli strategi portofolio senior Ingalls & Snyder di New York.

Data yang dirilis pada Selasa pagi menunjukkan indeks kepercayaan konsumen Conference Board turun ke level terendah sejak Februari 2021, dengan ekspektasi jangka pendek mencapai level paling pesimistis dalam hampir satu dekade.

Kesenjangan yang semakin besar antara komponen "situasi saat ini" dan "ekspektasi" Dewan Konferensi telah melebar ke tingkat yang sering mendahului resesi.

Baca Juga: Wall Street Dibuka Naik Setelah China Melonggarkan Syarat Karantina Covid-19

kata Tom Hainlin, ahli strategi investasi nasional di U.S. Bank Wealth Management di Minneapolis, Minnesota mengatakan, dengan sedikit katalis pasar dan pelaku pasar bersiap untuk liburan di akhir pekan keempat Juli, aksi jual hari itu tidak dapat sepenuhnya menyalahkan laporan Keyakinan Konsumen. 

"Sulit untuk menghubungkan (volatilitas pasar) ke satu titik data ekonomi dengan begitu banyak kebisingan di sekitar penyeimbangan kembali portofolio pada akhir kuartal," kata Hainlin.

"Tidak banyak informasi baru di luar sana, namun Anda melihat lingkungan saham yang bergejolak ini," katanya. 

Ia menambahkan bahwa tidak akan ada banyak informasi baru sampai perusahaan mulai menghasilkan pendapatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×