kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,14   10,84   1.19%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Wall Street Melemah, Inflasi Mendorong The Fed Lebih Agresif Mengerek Suku Bunga


Jumat, 11 Maret 2022 / 05:40 WIB
Wall Street Melemah, Inflasi Mendorong The Fed Lebih Agresif Mengerek Suku Bunga


Sumber: Reuters | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Wall Street melemah pada perdagangan Kamis (10/3) dan berakhir di zona merah karena inflasi mencapai level tertinggi dalam empat dekade, memperkuat ekspektasi bahwa Federal Reserve AS akan menaikkan suku bunga utama pada perteman kebijakan moneter pekan depan, untuk mencegah ekonomi overheating.

Indeks Dow Jones Industrial Average turun 112,18 poin atau 0,34% ke 33.174,07,S&P 500 turun 18,36 poin atau 0,43% ke 4.259,52 dan Nasdaq Composite turun 125,59 poin atau 0,95% ke 13.129,96.

Volume perdagangan saham di bursa AS mencapai 12,50 miliar saham dengan rata-rata 13,65 miliar dalam 20 hari perdagangan terakhir.

Enam dari 11 sektor utama di S&P 500 ditutup di wilayah negatif dengan teknologi mengalami penurunan persentase terbesar, sementara saham energi mengalami kenaikan terbesar.

Ketidakpastian yang membayangi seputar invasi Rusia ke Ukraina juga membantu meyakinkan pelaku pasar untuk memulai kembali penerbangan mereka ke tempat yang aman.

Baca Juga: Wall Street Jatuh, Data Inflasi Memperkuat Taruhan Kenaikan Suku Bunga

Sementara ketiga indeks utama berakhir di zona merah, mereka memangkas kerugian mereka di akhir hari dan ditutup jauh di atas posisi terendah sesi, karena pasar ekuitas AS mengikuti hari terbaiknya dalam beberapa bulan pada hari Rabu dengan memperbarui aksi jual multi-sesi.

"Ini lebih sama," kata Paul Nolte, manajer portofolio di Kingsview Asset Management di Chicago seperti dikutip Reuters.

Ia mencatat bahwa volatilitas harian pasar ekuitas lebih didorong oleh geopolitik daripada berita ekonomi.

Inflasi melonjak pada Februari ke tingkat pertumbuhan tahunan 7,9%, menurut Departemen Tenaga Kerja, pembacaan terpanas dalam empat puluh tahun.

"Data realisasi inflasi (CPI) tidak jauh dari perkiraan," tambah Nolte. 
"Akan ada lebih banyak lagi yang akan datang dalam satu atau dua bulan ke depan karena beberapa dari kenaikan harga komoditas dimasukkan."

Sementara pasar sepenuhnya mengharapkan bank sentral untuk menaikkan suku bunga target dana Fed sebesar 25 basis poin pada akhir pertemuan kebijakan moneter minggu depan, data CPI menyarankan FOMC bisa bergerak "lebih agresif" untuk mengekang inflasi di tahun mendatang, karena dijanjikan oleh Ketua Fed Jerome Powell pekan lalu.

"Masih diperkirakan The Fed akan menaikkan suku bunga empat hingga tujuh kali dalam satu atau dua tahun ke depan untuk mengekang pertumbuhan ekonomi," kata Nolte, menambahkan bahwa "yang memperumit ini, adalah The Fed tidak pernah menaikkan suku bunga dengan kurva imbal hasil yang datar dan volatilitas ini. begitu tinggi."

"Mereka mencoba menaikkan suku bunga pada saat pasar sedang kacau."

Kenaikan harga energi adalah penyebab utama inflasi, dengan harga bensin melonjak 6,6% dalam satu bulan, meskipun laporan tersebut tidak mencerminkan keseluruhan lonjakan harga minyak mentah setelah tindakan Rusia di Ukraina.

Baca Juga: Wall Street Menguat, Ditopang Sektor Keuangan dan Teknologi Saat Harga Minyak Koreksi

Tindakan itu membuat kegelisahan geopolitik memuncak, dengan pembicaraan damai menunjukkan sedikit kemajuan bahkan ketika krisis kemanusiaan terungkap dan tekanan pasokan minyak dunia terus membebani pasar global.

Amazon.com memberikan salah satu titik terang pada perdagangan Kamis, sahamnya melonjak 5,4% setelah raksasa e-commerce itu mengumumkan pemecahan saham 20:1 dan buyback saham senilai US$ 10 miliar.

Goldman Sachs Group Inc menjadi bank investasi besar AS pertama yang mengumumkan penutupan operasinya di Rusia. Sahamnya turun 1,1%.

Indeks perbankan S&P 500 turun 1,0%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×