kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,75   -27,98   -3.02%
  • EMAS1.327.000 1,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Wall Street Melemah, Imbas AS Melarang Impor Minyak Rusia


Rabu, 09 Maret 2022 / 05:40 WIB
Wall Street Melemah, Imbas AS Melarang Impor Minyak Rusia


Sumber: Reuters | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Wall Street ditutup melemah pada perdagangan Selasa (8/3) karena investor menimbang perkembangan krisis di Ukraina, lantaran Amerika Serikat melarang impor minyak Rusia dan komoditas energi lainnya imbas invasi.

Indeks Dow Jones Industrial Average turun 184,74 poin atau 0,56% ke 32.632,64, S&P 500 turun 30,39 poin atau 0,72% ke 4.170,70 dan Nasdaq Composite turun 35,41 poin atau 0,28% ke 12.795.

Sektor pertahanan mengalami penurunan terbesar, dengan kebutuhan pokok konsumen turun 2,6%, layanan kesehatan turun 2,1% dan utilitas turun 1,6%.

Volume perdagangan saham di bursa AS mencapai 19 miliar saham, terbesar dalam lebih dari setahun, dengan rata-rata 13,4 miliar saham dalam 20 sesi terakhir.

Mengutip Reuters, Presiden AS Joe Biden mengumumkan larangan impor minyak Rusia dan energi lainnya, menggarisbawahi dukungan bipartisan yang kuat untuk langkah yang dia akui akan menaikkan harga energi AS, sementara Inggris mengatakan akan menghentikan impor minyak dan produk minyak Rusia pada akhir tahun 2022.

Baca Juga: Wall Street Tergelincir di Tengah Kekhawatiran Larangan Minyak dari Rusia

"Saya pikir itu hanya investor yang mencoba untuk menyelidiki apakah layak membeli penurunan dan kami mengalami penurunan yang sangat besar kemarin," kata Chuck Carlson, kepala eksekutif di Horizon Investment Services di Hammond, Indiana. 

"Setiap kali pembelian tampaknya menjadi sedikit tidak terkendali, tampaknya ada penjual yang bersedia masuk."

“Bagi saya, ini adalah pasar pedagang dan orang-orang yang mencari momentum jangka pendek bergeser ke perdagangan,” kata Carlson.

Harga minyak mentah Brent mencapai $ 130 per barel bersama dengan komoditas lainnya, memicu alarm atas lonjakan inflasi dan dampak pada pertumbuhan ekonomi global. Harga bensin AS mencapai rekor pada hari Selasa.

"Ada banyak ketidakpastian saat ini tentang apa dampaknya terhadap ekonomi AS," kata James Ragan, direktur penelitian manajemen kekayaan di D.A. davidson. 

"Saya pikir kita akan melihat sedikit kemunduran di konsumen AS. Jelas, harga bensin akan membuat orang berhenti sejenak."

Pemerintah Ukraina menuduh pasukan Rusia menembaki koridor kemanusiaan yang Moskow, menggambarkan tindakannya sebagai "operasi khusus", telah berjanji akan membukanya untuk membiarkan penduduk melarikan diri dari pelabuhan Mariupol yang terkepung.

Baca Juga: Wall Street Turun 1%, Terseret akan Kecemasan inflasi Saat Minyak Kian Mendidih

Saham telah berjuang karena kekhawatiran tentang krisis Rusia-Ukraina telah memperdalam aksi jual yang awalnya dipicu oleh kekhawatiran atas imbal hasil obligasi yang lebih tinggi karena Federal Reserve diperkirakan akan memperketat kebijakan moneter tahun ini untuk melawan inflasi.

Pada hari Senin, Nasdaq mengkonfirmasi itu berada di pasar bearish, jatuh lebih dari 20% dari rekor tertinggi, sementara Dow Jones Industrial Average mengkonfirmasi itu dalam koreksi karena ditutup lebih dari 10% lebih rendah dari rekor puncaknya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×